Komisioner Bawaslu Parimo Ikut Pelatihan Penguatan Kompetensi di Bogor

BOGOR, theopini.idDua komisioner Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mengikuti pelatihan penguatan kompetensi, periode 2023-2028 di Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan yang diinisiasi Bawaslu RI tersebut, dilaksanakan sejak 23-27 Agustus 2023, khusus Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H).

Baca Juga: Bawaslu Daerah Diminta Tegakkan Kepastian Hukum dalam Sengketa Pemilu

Bawaslu RI menghadirkan pemateri Ucu Saepurridwan, Fungsional Analis Hukum Ahli Pertama, Bidang Advokasi dan Dokumentasi Hukum – Biro Hukum dan Humas Bawaslu RI, serta beberapa pemateri lainnya.

Sementara, Bawaslu Kabupaten Parimo, dihadiri Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas, Hj. Fatmawati dan Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat, Muhammad Ja’far.

“Usai pelantikan di Bawaslu RI, kami selaku komisioner Bawaslu RI, langsung ditugaskan ke Bogor untuk pelatihan ini,” kata Fatmawati, melalui pesan WhatsApp, Rabu, 24 Agustus 2023.

Menurutnya, banyak materi yang diberikan dalam pelatihan kompetensi komisioner Bawaslu kabupaten/kota.

Di antaranya, kata dia, advokasi hukum, etika penyelenggara Pemilu, akuntabilitas kinerja pengawas, analisis sosial dan komunikasi masa.

Baca Juga: Bawaslu Sulit Awasi Tahapan Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024

“Berbagai materi yang kami serap pada pelatihan ini, sangat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan,” kata dia.

Ia menyebut, materi penguatan kompetansi ini, akan diimplementasikannya di Kabupaten Parimo. Sehingga, penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 dapat terlaksana sesuai harapan.

banner 1280x250

Komentar