Kabupaten Sigi Siap Jadi Pelaku Ekonomi Baru untuk IKN

SIGI, theopini.id – Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan menyatakan siap menjadi bagian dari pelaku ekonomi baru untuk Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang akan pindah ke Kalimantan Timur di 2024.

“Sulawesi Tengah akan menjadi pelaku ekonomi baru, kami sedang mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari itu,” ungkap Irwan saat ditemui di Parigi, Rabu 19 Januari 2022.

Dia mengatakan, Sigi merupakan kabupaten baru di Sulawesi Tengah, yang berdiri sejak 2008 ini dengan visi sebagai wilayah agrobisnis.

Menurutnya, Kabupaten Sigi memiliki potensi wilayah, di antaranya pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Ke depan untuk pengembangan, potensi wilayah akan kami desain menjadi kekuatan ekonomi baru Kabupaten Sigi,” ungkapnya.

Diketahui, Undang-Undang IKN telah disahkan lewat satu ketukan palu Ketua DPR Puan Maharani setelah mendapat persetujuan secara aklamasi oleh para anggota rapat paripurna ke-13 DPR masa sidang 2021-2022, pada Selasa 18 Januari 2022.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, dalam rapat kerja dengan pemerintah sebelumnya juga telah disepakati bahwa Ibu Kota Negara yang baru itu diberi nama Nusantara.

Hampir semua dari sembilan fraksi di DPR menyetujui pengesahan RUU IKN menjadi undang-undang, kecuali fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

Proses pembahasan RUU IKN sampai disetujui di rapat paripurna di DPR ini terbilang cepat. Kepada wartawan, seperti dikutip Kompas.com, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Pansus bertekad mengebut pembahasan RUU IKN agar segera dapat menjadi payung hukum agar para investor mau terlibat mendanai pembangunan ibu kota baru.

Laporan : Novita Ramadhan

banner 1280x250

Komentar