Kementerian PUPR Mulai Konstruksi Jalan Akses Tol MNP di Sulsel

Theopini.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai konstruksi pembangunan jalan akses Tol Makassar New Port (MNP) tahap I dan II di Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk tetap melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur yang menghubungkan sentra-sentra produksi, daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” ungkap Sekjen Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, dalam keterangan tertulisnya, Senin 7 Februari 2022.

Menurutnya, tujuan pembangunan infrastruktur tersbeut guna membuka peluang usaha baru, lapangan kerja baru, sehingga bisa mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat.

Jalan akses tol yang terkoneksi dengan pelabuhan MNP ini, akan meningkatkan konektivitas Pelabuhan MNP dengan jalan tol eksisting.

Sehingga waktu tempuh transportasi peti kemas, akan empat kali lebih cepat dari kondisi sebelum ada jalan akses tol. Diproyeksikan kapasitas pelayanannya akan mencapai 900 ribu teus pada tahun 2023.

“Kehadiran akses tol ini akan memicu pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar, dan hasil pembangunan akan tersebar merata sehingga akan mendatangkan manfaat yang besar bagi masyarakat Sulawesi Selatan” kata Zainal Fatah.

Dia menilai, membangun dengan cepat atau tepat waktu saja belum cukup, namun harus tetap menjaga kualitas dan lingkungan.

“Jalan tol yang akan dibangun memenuhi kriteria-kriteria desain yang sudah dipersyaratkan Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta menerapkan ruang bebas (clear zone) dalam rangka meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” terangnya.

Menurutnya, saat ini telah beroperasi empat ruas tol di Sulawesi Selatan yakni, Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1-4 sepanjang 21,7 km, yang manfaatnya telah dinikmati masyarakat.

Untuk itu, adanya proyek tol ini, diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat karena akan melibatkan tenaga kerja sekitar 1.000 orang, dan menciptakan peluang bagi pelaku ekonomi mikro, maupun pelaku usaha bidang konstruksi di Sulawesi Selatan.

Dimulainya konstuksi Tol MNP tersebut, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Senin, 7 Februari 2022.

Turut mendampingi Sekjen PUPR, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidharta Danusubroto, Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras, Direktur Utama PT. Nusantara Infrastructure Tbk Ramdani Basri.

Laporan : Suryadi/**

banner 1280x250

Komentar