Example 1280x250

Tertarik Kembangkan Durian Montong, Pemda PPU Akan Lakukan Kunjungan Balasan ke Kabupaten Parimo

Tertarik Kembangkan Durian Montong, Pemda PPU Akan Lakukan Kunjungan Balasan ke Kabupaten Parimo
Plt. Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Ir. Hamdam

KALTIM, theopini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) tertarik mengembangkan Durian Montong yang memiliki cita rasa berbeda dari daerah lain.

Rencana pengembangan tersebut, akan dilakukan melalui kerja sama antar kabupaten, yang nantinya akan diawali dengan kunjungan balasan Pemda PPU ke Kabupaten Parimo pada April 2022.

“Kami akan melakukan kunjungan balasan ke Parimo, Insya Allah di momen HUT Parimo, Saya juga sudah komunikasi dengan Bupati Parigi Moutong lewat telephone. Mudah-mudahan tidak ada halangan kami pasti berkunjung kesana,” ungkap Plt. Bupati Penajam Paser Utara, Ir Hamdan, kepada wartawan, Selasa 1 Maret 2022.

Dia mengatakan, seluruh komoditi yang ditawarkan Pemda Parimo sangat menarik, khususnya komoditi Durian Montong. Sehingga, pihaknya berencana akan menyusun skema kerja sama dalam pengembangan komoditi tersebut.

Menurut dia, berdasarkan presentasi dari Pemda Parimo, pengembangan Durian Montong memberikan keuntungan yang menjanjikan.

“Nilai ekonomisnya seperti tinggi dan bisa dikembangkan di PPU. Dalam kunjungan balasan itu, kami juga bermaksud melihat perkebunan Durian Montong di sana,” kata dia.

Pengembangan Durian Montong kata dia, juga akan memanfaatkan lahan gambut yang hampir 90 persen belum dikelola, baik yang berada di dataran rendah maupun tinggi.

“Durian lokal kita punya. Tetapi jenis lain yaitu Durian Kalimantan. Itu banyak disini, tapi rasanya beda dengan Durian Montong Parimo,” pungkasnya.

Laporan : Novita Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!