FKUB Diharapkan Menjembatani Harmonisasi Umat Beragama di Parimo

PARIMO, theopini.id – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah yang baru dilantik, dapat menjembatani harmonisasi antar umat beragama.

“Adanya pengurus FKUB baru, masyarakat di Parimo bisa tenang bergandengan tangan antar umat beragama dan tentunya bisa menyatu,” ungkap Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, usai melantik Pengurus baru FKUB periode 2022-2027, Senin 14 Maret 2022.

Dia mengingatkan, kepada pengurus baru agar bisa melaksanakan tugas secara terbuka, dengan tidak menyampingkan hal-hal kecil. Sebab, dengan tidak adanya keterbukaan dapat memicu perselisihan dalam kepengurusan.

FKUB kata dia, dapat menjadi mediator untuk menengahi setiap permasalahan ditengah masyarakat, dengan membantu pihak keamanan, agar Kabupaten Parimo dapat menjadi wilayah percontohan dalam beragama.

“Kalau ada perseteruan dan perselisihan yang menimbulkan perbedaan pendapat, pastinya menimbulkan pertikaian sehingga peran forum ini bisa menjembatani,” jelasnya.

Dia berharap, ketika terdapat permasalahan antar umat beragama, segera mungkin dilaporkan, agar dapat ditangani dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Parimo, Muslimin mengatakan, para pengurusan lama telah melaksanakan tugas mereka secara maksimal. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya permasalahan yang krusial terjadi di wilayah setempat.

“FKUB sebagai wadah berhimpun seluruh umat beragama, kita berharap forum ini menjadi garda terdepan untuk melahirkan kesejahteraan serta keamanan,” ucapnya.

Pihak pertama dalam menangani setiap permasalahan keumatan adalah FKUB. Sehingga, dibutuhkan kekompakan dari seluruh anggota forum, dengan didukung program kerja yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Dengan begitu nantinya Parimo akan terhindar dari setiap masalah dilingkungan masyarakat kita sendiri,” pungkasnya.

banner 1280x250