Delapan BTS Berbasis 4G di Kabupaten Parimo Telah Beroperasi

PARIMO, theopini.id – Pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G didelapan lokasi di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah telah beroperasi. Pembangunan BTS tersebut merupakan bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai upaya pemerataan akses jaringan internet.    

“Total sudah delapan BTS 4G beoperasi, di antaranya terletak Desa Gandasari Kecamatan Sausu, Desa Bondoyong Kecamatan Sidoan, Desa Bainaa Selatan, Desa Karya Mandiri, Desa Tadaelo, dan Desa Sumber Agung,” ungkap perwakilan Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Hariadi saat ditemui di Tinombo, Selasa 14 Maret 2022.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan progres agar 50 lokasi BTS di Kabupaten Parimo, dapat segera beroperasi.

Menurut dia, terdapat 37 tower yang telah berdiri di Kabupaten Parimo, dan pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan instalasi perangkat. Sehingga, di akhir Maret 2022 ketersediaan akses layanan di desa-desa yang mengalami spot blank, bisa segera teratasi.

Kemudian, Bupati Parimo melalui Dinas Kominfo telah mengusulkan pembangunan BTS sebanyak 37 lokasi. Pihaknya berupaya bisa segera mendapatkan persetujuan dari Direktur BAKTI Kementerian Kominfo, sehingga bisa masuk dalam rencana pembangunan kwartal kedua tahun ini.

Dia menjelaskan, Kementerian Kominfo terus membangun jaringan 4G diseluruh daerah, agar terdapat kesetaraan akses jaringan disetiap wilayah di Indonesia.

Menurutnya, masih terdapat beberapa desa yang masih belum mendapatkan akses internet dan ini menjadi tanggung jawab dari Kementerian Kominfo melalui BAKTI, untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Semoga dengan peresmian ini menjadikan wilayah Kabupaten Parimo bersiap memasuki era digital di 2024, yang diamanatkan oleh pemerintah pusat melalui presiden Joko Widodo. Bahkan, tidak ada satupun wilayah di Indonesia yang masih tertinggal dari sisi telekomunikasi,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar