Bupati Sigi Instruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan ke Korban Banjir

SIGI, theopini.id – Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan menginstuksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah setempat, segera salurkan bantuan kepada warga terdampak bencana banjir, pada Kamis 17 Maret 2022.

“Saya minta kepada seluruh OPD lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi, agar segera mengirimkan bantuan. Untuk OPD terkait, kiranya dapat mendirikan dapur umum untuk korban banjir yang ada di desa Sejahtera dan Uenuni Kecamatan Palolo,” tegas Mohamad Irwan di Palolo, Jumat siang 18 Maret 2022.

Hal itu disampaikan Bupati usai dirinya meninjau jembatan putus yang menghubungkan jalan Trans Palu-Palolo-Napu serta melihat langsung korban banjir yang terjadi di Dusun II, Desa Sejahtera, Kecamatan Palolo, pada Kamis 17 Maret 2022 sekitar pukul 19.00 WITA.

Tak hanya itu, Ia juga mengunjungi rumah-rumah warga serta posko-posko korban banjir yang belum tersentuh bantuan.

“Ini persoalan perut, rakyat terlebih dahulu kita utamakan. Saya minta pihak BPBD dan Dinsos kawal secepatnya. Selanjutnya pihak kecamatan dan desa tinggal menyurat saja ke depannya, apa-apa saja bahan pokok yang masih dibutuhkan,” ujarnya.

Dia juga meminta, OPD terkait untuk melakukan pendataan korban banjir, khususnya terhadap Lansia, perempuan dan anak-anak.

Penanganan terhadap anak sekolah pun menjadi priaoritas, khususnya bagi yang akan mengikuti ujian, agar tetap mendapatkan akses pendidikan.

“Saya tidak mau sekolah anak-anak terganggu, apa lagi mereka mungkin sementara ujian sekolah“ tegas Irwan.

Diketahui, banjir yang melanda Desa Sejahtera, mengakibatkan sedikitnya 100 hektar sawah terendam. Berdasarkan data yang dihimpun, tercatat 58 Kepala Keluarga (KK) juga terdampak banjir dengan total 206 Jiwa.

Banjir disebabkan curah hujan tinggi sejak Kamis sore 17 Maret 2022 di wilayah tersebut. Sehingga mengakibatkan Sungai Sopu meluap hingga menyebabkan pemukiman warga terendam.

“Pihak Dinas PU Provinsi bersama PU Kabupaten sudah kami koordinasikan. Insyaallah besok segera dikerja jembatannya,” ungkapnya.

banner 1280x250

Komentar