5 Tips Puasa di Hari Pertama yang Perlu Kamu Lakukan

Theopini.id – Bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah telah tiba, sudah saatnya seluruh umat muslim menjalankan kewajibannya untuk berpuasa. Biasanya, hari pertama puasa terasa berat untuk dilalui karena kita sudah terbiasa dengan pola makan dan tidur sehari-harinya.

Ketika mulai hari puasa, maka kita perlu bangun lebih awal dan menahan lapar hingga waktu yang telah ditentukan. Keadaan ini tentunya membuat tubuh muda lemas karena kita masih membutuhkan penyesuaian.

Maka dari itu, ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan dalam menyambut hari pertama puasa agar semuanya berjalan dengan baik.

Apa Saja Persiapan Puasa Hari Pertama?

Di hari pertama puasa, tentunya kita ingin menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya. Namun, hal ini pastinya harus didukung dengan kondisi fisik dan mental yang sehat, lho. Kalau tidak, puasa akan terasa lebih berat karena kita sulit menahan godaan.

Nah, untuk mencegah hal itu, kami sudah merangkum beberapa tips puasa di hari pertama yang bisa kamu ikuti.

1. Istirahat yang cukup

Pada awal puasa, kamu perlu bangun lebih awal untuk menyantap sahur. Tentunya, hal ini dapat membuat kamu jadi kurang tidur dan mengantuk di siang harinya. Maka dari itu, mulailah untuk mengatur jam tidur agar kamu mendapatkan istirahat yang cukup.

Buat kamu yang suka begadang, tinggalkan kebiasaan tersebut dan saatnya mengubah pola tidur jadi lebih sehat, ya.

2. Perhatikan menu sahur dan berbuka

Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan energi dari makanan dan minuman. Maka dari itu, kamu perlu menyantap makan yang sehat dan bergizi agar tetap kuat dan semangat dalam menjalani puasa.

Saat sahur, ada baiknya untuk menyantap makanan tinggi serat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti buah dan sayuran. Selain itu, hindari makanan asin secara berlebihan agar kamu tidak gampang haus di siang hari.

Pada saat berbuka puasa, kamu boleh menyantap makanan manis, tetapi jangan sampai berlebihan, ya. Selain dapat meningkatkan berat badan, makanan tinggi gula juga dapat membuat tubuh menjadi lesu.

3. Perbanyak minum air putih

Tidak dapat dipungkiri bahwa tubuh manusia sangat memerlukan air. Kekurangan cairan tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga mengganggu metabolisme dan kinerja tubuh.

Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Di bulan puasa, kamu juga bisa melakukan pola minum 2-4-2, yakni 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam, dan 2 gelas air saat subuh.

4. Ibadah tepat waktu

Kunci dari puasa adalah belajar bersabar dan mengumpulkan pahala. Agar kamu lebih kuat dalam menjalaninya, jangan pernah lupa untuk beribadah tepat waktu, mulai dari salat subuh hingga salat isya, ya.

5. Lakukan olahraga ringan

Kamu bisa tetap berolahraga saat puasa, kok. Justru hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu selama berpuasa. Memang, kamu tidak perlu melakukan olahraga berat yang membuat tubuh kelelahan.

Namun, kamu perlu lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, jogging, yoga, serta bersepeda santai.***

Sumber : ruparupa.com

banner 1280x250