Wapres: Jadikan Jam Gadang Inspirasi Hasilkan Produk Unggulan

Theopini.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menuturkan, budaya seperti kerajinan, motif tradisional, dan landmark yang ada pada setiap wilayah Indonesia harus dapat dijadikan inspirasi untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi.

“Saya harap keindahan Jam Gadang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa kita mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang siap bersaing di pasar global,” tutur Wapres.

Hal itu disampaikan Wapres saat meresmikan Pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Selasa 12 April 2022.

Dia menyampaikan, Jam Gadang yang merupakan karya asli dari ranah Minang ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

“Lihatlah Jam Gadang, yang merupakan karya arsitek asal Koto Gadang, Bapak Yazid Rajo Mangkuto,” terangnya.

Dia pun mengungkapkan, melalui Gernas BBI yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2020 lalu, diharapkan dapat semakin membangkitkan gairah masyarakat akan produk-produk lokal dan memiliki kebanggaan tersendiri saat menggunakannya.

“Kita terus berupaya agar produk dalam negeri, terutama produk UMKM, menjadi tuan rumah di negeri sendiri, mengalahkan konsumsi produk impor. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi,” tegas Wapres.

“Dengan cara ini, kita berharap produk UMKM akan semakin naik kelas” tambahnya.

Dengan demikian, UMKM akan semakin berdaya dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dan semakin siap melakukan ekspor.

Sebab, berdasarkan data ekspor UMKM Indonesia yang diterima Wapres, jumlahnya baru mencapai sekitar 15 persen dari total ekspor nasional, tertinggal jauh dari negara lain, seperti Singapura 41 persen dan Cina 60 persen. Untuk itu, kinerja ekspor produk dalam negeri harus ditingkatkan. “Ini harus kita tingkatkan,” pungkas.***