Belum Ada Pasien Hepatitis Akut Ditangani di RSUD Anuntaloko Parigi

PARIMO, theopini.id – Direktur RSUD Anuntaloko Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, dr Revy Tilaar menyebutkan, hingga saat ini belum ada pasien dengan gejala hepatitis akut menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

“Belum ada pasien yang datang dengan gejala hepatitis akut. Kami berharap hal itu tidak terjadi di wilayah Parimo,” ungkap dr Revy Tilaar, saat ditemui di Parigi, Sabtu, 7 Mei 2022.

Menurut dia, memasuki hari pertama perayaan hari Idulfitri 2022, lonjakan pasien mulai terjadi secara perlahan-lahan. Bahkan, ia memastikan akan terus terjadi hingga sepekan pasca libur lebaran.

Baca Juga : Poliklinik Jantung dan THT di RSUD Anuntaloko Kembali Dibuka

Namun, pasien yang rata-rata menjalani perawatan tersebut datang dengan kondisi gangguan pencernaan.

“Hepatitis yang biasa juga ada, namun setelah menjalani serangkaian tes, bukan hepatitis akut,” tegasnya.

Dia mastikan, dengan fasilitas kesehatan di RSUD Anuntaloko Parigi, pasien dengan gejala hepatitis akut dapat ditangani pihaknya.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan berbagai kebutuhan dalam penanganan pasien dengan gejala tersebut, mulai dari ruangan bayi, NICU, hingga ruang anak.

“Karena hepatitis akut ini menyerang bayi hingga anak berusia 12 tahun serta remaja sampai usia 16 tahun,” kata dia.

Revy mengingatkan kepada masyarakat, jika anak mengalami gejala muntah-muntah, diare, dan kulit berwarna kuning, sebaiknya segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, agar mendapatkan penanganan yang tepat.  

Baca Juga : PC IAI Parimo Berbagi Sedekah ke 2 Ponpes dan Penderita Gizi Buruk

Dia menimbau, masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, mencuci tangan, masak makanan dengan matang, dan menghindari kerumunan.

“Saat makan di rumah makan juga, sebaiknya emperhatikan sajian makanannya, lingkungannya, agar terhindar dari berbagai penyakit,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar