AJI Palu Gelar Seleksi Penerimaan Anggota Angkatan VIII

PALU, theopini.id – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Sulawesi Tengah menggelar seleksi penerimaan anggota angkatan VIII, Minggu, 15 Mei 2022.

Seleksi tersebut, diikuti peserta dari berbagai daerah, mulai dari Palu, Kabupaten Sigi, Banggai, Banggai Kepulauan hingga Parigi Moutong.

Ketua Panitia Seleksi, Abdul Rifai mengatakan, ketika dibukanya pendaftaran anggota AJI Palu, ada sebanyak 44 calon peserta yang mendaftar.

Dari jumlah tersebut, ada beberapa nama yang tidak memenuhi syarat karena tidak memenuhi karya jurnalistik sesuai dengan persyaratan pendaftaran.

“Pada saat tahap perbaikan itu, ada tiga orang yang kembali tidak memenuhi syarat karena tidak memasukan berkas persyaratan, khususnya karya jurnalistik,” ujarnya.

Sehingga, sebanyak 40 peserta yang masuk pada tahapan pemantauan, sebelum dilaksanakan seleksi tertulis dan wawancara.

Pada tahapan tersebut, ada dua nama lagi yang tidak memenuhi syarat, dan dua nama lainnya menyatakan mengundurkan diri.

“Disaat pemantauan kami melibatkan beberapa pengurus pengurus AJI, untuk memantau media sosial masing-masing peserta,” kata dia.

Hingga pelaksanaan tes tertulisan dan wawancara, peserta yang terdaftar mengikuti tahapan seleksi tersebut sebanyak 21 orang.

Sementara itu, Ketua AJI Palu, Yardin Hasan mengaku, sangat menghargai kehadiran seluruh peserta dalam seleksi penerimaan anggota AJI.

Menurut dia, penerimaan AJI saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pihaknya memasukan unsur penilaian sesuai dengan kongres AJI 2020. Misalnya pada tahapan pemantauan, dilakukan untuk melihat integritas peserta di lapangan.

Tujuannya, agar anggota AJI yang dilahirkan dari seleksi tersebut, merupakan jurnalis yang tidak hanya cakap dalam membuat karya jurnalistik, tetapi terpenting adalah integritas.

“Karena hal itu akan membedakan kita di media sosial dan media-media lain. Sehebat apapun kita membuat karya jurnalistik, tapi jika tidak memiliki integritas, itu juga tidak ada apa-apanya,” kata dia.

Menurut dia, para peserta yang telah hadir merupakan orang-orang hebat, dan memiliki media serta petinggi dimedianya masing-masing. Bahkan, telah melaksanakan kerja-kerja jurnalistik selama bertahun-tahun.

“Sehingga pada seleksi kali ini kami menitik beratkan pada pengetahuan tentang bagaimana AJI, dan soal integritas,” pungkasnya.

Seleksi penerimaan anggota AJI Kota Palu, digelar selama dua hari 15-16 Mei 2022, dengan beberapa rangkaian tes di antaranya tes tertulis, wawancara, dan menulis berita.

Komentar ditutup.