Masyarakat Berharap Kabupaten Moutong di Sulteng Segera Terbentuk

PARIMO, theopini.id – Masyarakat eks Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, berharap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Moutong segera terbentuk untuk mendekatkan pelayanan.

“Komite Perjuangan Pembentukan Kabupaten Moutong (KP2KM) sejak 2009, usulan pemekaran Kabupaten Moutong sudah dibentuk kelompok-kelompok untuk menggaungkan pemekaran DOB itu,” ungkap Ketua pemekaran DOB Moutong, Marzuki, Selasa, 24 Mei 2022.

Hal itu disampaikan Marzuki, saat audiens bersama tim Pusat Perancanagan Undang-undang Badan Keahlian DPR RI dengan Komite Perjuangan Pembentukan Kabupaten Moutong, bertempat di Pantai Moian, Desa Palapi Kecamatan Taopa, Selasa.

Menurutnya, dalam rentang waktu itu, pihaknya berusaha melengkapi berbagai dokumen. Pada 2012, dokumen tersebut telah lengkap dan kemudian di 2013 telah mendapatkan amanat Presiden.

Sehingga, secara faktual kata dia, perjuangan ini sudah ada restu dari DPR RI melalui inisiatifnya pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono pada 2013.

“Jadi beliau sudah menjawab surat dari DPR RI itu, dalam bentuk penugasan kepada Menteri Keuangan, Menteri dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM guna membahas bersama komisi II DPR RI soal bagaimana rancangan undang-undang menjadi undang-undang DOB,” ujarnya.

Namun, pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, hal itu terganjal oleh moratorium. Meskipun begitu, pihaknya tidak berputus asa.

“Berkat lobi-lobi yang dilakukan, alhamdulillah hari ini tim dari pusat yang diinisiasi oleh ketua balai legislasi DPR RI ada disini,” kata Marzuki.

Dia menegaskan, pihaknya tidak berpegang teguh pada moratorium dan terus menggaungkan pembentukan Kabupaten Moutong.

Marzuki pun menyebut, dari hasil diskusinya bersama anggota legislasi DPR RI yang turut serta dalam tim tersebut, segera merampungkan draf rancangan undang-undang, dan akan kembali ke Parigi Moutong untuk finalisasi.

“Insya allah bulan depan itu dilakukan, setelah itu hasilnya akan di proses di badan musyawarah DPR RI,” jelasnya.

Dia berharap, anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah dapat mendukung pembentukan DOB Moutong.

“Kami berharap, sebelum Pemilu 2024 Kabupaten Moutong sudah terbentuk. Karena, itu harapan kami masyarakat eks Moutong,” pungkasnya.

banner 1280x250