Evaluasi Pelaksanaan Pilkades, Komisi I DPRD Parimo Gelar Rapat Kerja

PARIMO, theopini.id – Komisi I DPRD Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menggelar rapat kerja untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022.

“Ini juga bagian dari pengawasan kami terhadap pelaksanaan Pilkades serentak di Parimo,” ungkap Ketua Komisi I DPRD Parimo, Sukiman Tahir, saat ditemui di Parigi, Selasa, 7 Mei 2022.

Baca Juga : Antusias Balon pada Pilkades Serentak Parimo Meningkat

Menurutnya, pihaknya mengundang Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat selaku sektor penyelenggara pemilihan Kepala Desa serentak yang oleh 97 desa di Kabupaten Parimo.

Dia menyebut dengan rapat kita tersebut pihaknya dapat memastikan apakah tahapan yang telah dilaluli telah sesuai dengan undang-undang, dan peraturan yang dilaksanakan.

“Kami laksanakan rapat kerja ini, karena DPRD dipastikan akan menjadi sasaran para calon kepala desa jika mengalami sengketa,” kata dia.   

Dia mengimbau kepada P2KD kabupaten hingga kecamatan, untuk menyamakan persepsi dalam memahami maksud dari regulasi dan konsisten dalam pengambilan keputusan. Sehingga, secara otomatis akan berdampak pada pelaksanaan Pilkades yang lebih baik.

Baca Juga : Sepanjang 2021, Disdukcapil Parimo Terbitkan 1.560 Akta Kematian

Sukiman pun meminta kepada calon kepala desa menyiapkan mental untuk menerima berbagai kemungkinan yang dihadapi usai Pilkades serentak.

“Tentunya saya berharap ada peserta Pilkades harus mempersiapkan mental untuk menerima menang maupun kalah,” pungkasnya.

banner 1280x250