PMD: Pilkades Serentak 2022 di Parimo Berlangsung Aman

PARIMO, theopini.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah setempat berlangsung aman.

“Insya allah masih aman terkendali sampai dengan saat ini,” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa, pada Dinas PMD Parimo, Agus Salim, saat dihubungi di Parigi, Senin 27 Juni 2022.

Baca Juga : Tinjau Pilkades Serentak, Berikut Pesan Wabup Badrun Untuk Kades Terpilih

Dia mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Parimo dilaksanakan di 97 desa, dan tersebar di beberapa kecamatan.

Hingga usai perhitungan suara kata Agus, pihaknya belum menerima laporan dari Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) terkait gugatan atau sejenisnya.

“Harapan kami, semua berjalan aman, lancar dan tertib. Jika nanti ada gugatan, itu hak setiap kandidat, kami siap menerima dan memproses laporannya,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan media ini, pelaksanaan Pilkades di Desa Boyantongo dan Desa Lemusa, Kecamatan Parigi Selatan berjalan dengan lancar dan aman.

“PilKades Desa Boyantongo berjalan dengan baik, aman dan tidak ada kendala,” ungkap Ketua P2KD Boyantongo, Imran, M, saat ditemui, Senin.

Pelaksanaan Pilkades tersebut, diikuti lima calon kepala desa, dan total Daftar Pemilih Tetap (DPT), 1.393 orang, dengan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita juga bagi menjadi empat tempat pencoblosan, di satu TPS itu, sesuai dengan jumlah dusun di Desa Boyantongo,” kata dia.

Menurut dia, tidak adanya kendala tersebut, sehingga seluruh anggota P2KD bisa bekerja dengan maksimal, dan berperan aktif menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Harapannya, semua kandidat calon kepala desa, tidak ada saling bermusuhan dan harus menerima kekalahan,” pungkasnya.

Baca Juga : 71 Bakal Cakades di Parimo Jalani Seleksi Tambahan

Sementara di Desa Lemusa, perhitungan perolehan suara dari masing-masing kandidat yang bertarung dalam pelaksanaan Pilkades tersebut, berakhir sekitar pukul 20.00 WITA.

Dari lima calon kepala desa yang memperebutkan jabatan kepala desa, nomor urut lima atas nama Haerul Anwar unggul dari empat kandidat lainnya. Sedangkan perolehan suara terbanyak kedua, ditempati Iwan Rusman nomor urut pertama.

Komentar ditutup.