banner 1280x250

Tingkatkan Minat Baca Pelajar Melalui Perpustakaan Keliling

Tingkatkan Minat Baca Pelajar Melalui Perpustakaan Keliling
Ilustrasi : Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong meningkatkan minat baca pelajar melalui kegiatan Perpustakaan keliling. (Foto : Istimewa)

PARIMO, theopini.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo)  Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan pepustakaan keliling untuk peningkatan literasi dan memotivasi kegemaran membaca di setiap satuan pendidikan.

“Untuk menarik minat membaca dikalangan pendidikan, kami melakukan interaksi edukasi bersama pelajar, mulai dari membaca cerita rakyat, mendongeng, baca puisi, sampai dengan tanya jawab. Intinya kita lakukan secara santai saja dan jangan menjadi sesuatu yang menakutkan dikalangan pelajar,” ungkap Ketua Literasi Kabupaten Parimo, Noer Wachida Prihartini Tombolotutu, di Parigi, Kamis, 10 November 2022.

Baca Juga : Gubernur Sulteng Ingin Bangun Perpustakaan Berbasis Hybrid

Dia mengatakan, kebiasaan dan budaya baca dapat mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi. Sehingga minat baca memainkan peran sebagai modal besar bagi setiap orang, dalam mencapai kesuksesan pendidikan, meskipun memiliki karir dalam berbagai bidang.

Saat ini, pelajar lebih memilih menggunakan internet, ketimbang membaca buku. Namun, penggunaan internet harus mendapatkan pendampingan dari orang tua, mengingat banyak sisi negatif yang bisa membahayakan masa depan generasi bangsa.

“Semoga dengan Perpustakaan keliling yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini, bisa mencerdaskan anak kita,  menjadi lebih berkualitas dalam pendidikan, moral, mental, dan bisa mandiri dimasa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parimo, Kamiludin Passau mengatakan meningkatkan minat baca melalui Perpustakaan keliling merupakan bagian dari tugas OPD tersebut.

Tujuannya,  agar sampai hingga ke pelosok-pelosok masyarakat desa. Sebab, kegemaran membaca ini bukan hanya menyasar pada pelajar saja, tetapi seluruh masyarakat untuk bisa menambah pengetahuan.

Baca Juga : PPPA Minta Alumni LPDP Bermanfaat Bagi Perempuan dan Anak

Menurutnya, Pemerintah Pusat bertransportasi menciptakan Perpustakaan industri berbasis sosial, untuk meningkatkan minat baca yang saat ini masih sangat minim.

“Kami harapkan kegiatan ini bisa meningkatkan kegemaran kita dalam membaca, dan bisa menambah pengetahuan lebih luas. Selain itu, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: