Sekda Novalina: Sulteng Usulkan 375 Formasi Arsiparis

PALU, theopini.id Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tengah, Novalina Wiswadewa membuka Workshop Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) pada perangkat daerah lingkup provinsi dan kabupaten/kota, pada Rabu, 20 September 2023.

“Saya berharap semua urusan pemerintahan di Sulawesi Tengah makin mengarusutamakan isu kearsipan,” kata Sekda Novalina, dalam sambutannya.

Baca Juga: Dispustaka Parimo Sosialisasikan Bimbingan Kearsipan

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah telah mengusulkan sebanyak 375 formasi jabatan fungsional arsiparis dari jenjang terampil hingga ahli utama.

Pengusulan ini, kata dia, diyakini menjadi solusi atas keterbatasan tenaga arsiparis yang membuat belum optimalnya pembinaan kearsipan daerah.

Ia menyebut, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tengah sebagai leading sector, hanya memiliki 9 orang pejabat fungsional arsiparis yang dibantu 35 orang tenaga pengelola kearsipan dari unsur ASN dan honorer.

Sementara di perangkat daerah lainnya, baru RSUD Undata Palu yang memiliki satu orang pejabat arsiparis.

“Ini sebenarnya peluang karir buat ASN, untuk melirik jabatan fungsional arsiparis,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Kearsipan Daerah I, Arsip Nasional, Rudi Anton, mengapresiasi keseriusan Pemprov untuk memajukan kearsipan di Sulawesi Tengah melalui workshop GNSTA 2023.

Baca Juga: Wujudkan Arsiparis Bersertifikasi, Dispusaka Sulteng Gelar Workhsop

Pada acara tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kesepakatan bersama peningkatan penyelenggaraan kearsipan antara Pemprov Sulawesi Tengah dengan pemerintah kabupaten/kota.

Selain itu, perjanjian yang serupa antara Sekda Novalina selaku koordinator pembinaan dan pengawasan kearsipan daerah bersama kepala OPD terkait lingkup provinsi.

banner 1280x250

Komentar