Example 1280x250

Syamsuarni Amirudin Gencar Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD

Syamsuarni Amirudin Gencar Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD
Bunda PAUD Kabupaten Banggai, Hj Syamsuarni Amirudin memberikan hadiah kepada sejumlah siswa saat berkunjung ke PAUD KB Ester, Desa Batu Mandi, Kecamatan Balantak Utara, Rabu, 27 September 2023. (Foto: istimewa)

BANGGAI, theopini.id Bunda PAUD Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Hj Syamsuarni Amirudin gencar sosialisasikan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, guna mencegah miskomunikasi antara berbagai pihak terkait.

“Gerakan ini, kami sosialisasikan sampai ke pelosok, agar jangan sampai ada miskomunikasi antara guru SD dan PAUD,” kata Syamsuarni Amirudin, berkunjung ke PAUD KB Ester, Desa Batu Mandi, Kecamatan Balantak Utara, Rabu, 27 September 2023.

Baca Juga: Kunjungi Sejumlah Sekolah di Palu, Begini Pesan Wagub Sulteng ke Siswa

Menurutnya, salah satu target perubahan dalam gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, ialah menghapus tes membaca, menulis, dan berhitung (calistung).

Ia berpesan kepada para guru PAUD, agar tetap mempedomani kurikulum Merdeka Belajar yang ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Saya kira, guru-guru sudah tahu proses belajar dalam Merdeka Belajar, seperti apa. Contohnya melalui bermain, bernyanyi, atau kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengedukasi,” kata Syamsuarni.

Ia juga menekankan bahwa pendidikan bagi anak usia dini harus difokuskan pada pembentukan karakter.

Di samping sosialisasi, Pokja Bunda PAUD Kabupaten Banggai juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menyukseskan gerakan nasional yang digagas oleh Kemendikbudristek itu.

Adapun tiga target perubahan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, yakni menghapus tes calistung pada proses penerimaan peserta didik baru.

Baca Juga: Syamsuarni Amirudin Dorong Pemdes Kembangkan Lembaga PAUD

Kemudian, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama, dan menerapkan proses pembelajaran menyenangkan, dengan fokus pada pembelajaran membangun enam kemampuan fondasi anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!