Tingkatkan Pembangunan di Sigi, Bupati Irwan Resmikan Jembatan Sidondo-Deasi

SIGI, theopini.idBupati Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Muhamad Irwan meresmikan Jembatan Sidondo-Deasi pada Senin siang, 29 Januari 2024.

Jembatan Sidondo-Deasi tersebut, merupakan penghubung Desa Sidondo I dan Desa Sidondo II, Kecamatan Sigi Biromaru.

Akses jembatan ini, juga menjadi jalur alternatif penghubung jalan Trans Palupi-Bangga, dan Kalukubula-Kalawara.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf: Pembangunan KPN Tidak Melupakan Masyarakat

“Pembangunan jembatan Sidondo-Deasi merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi dalam meningkatkan infrastruktur di wilayahnya,” ungkap Bupati Irwan, dalam sambutannya.

Proyek ini, kata dia, dilakukan dengan memperhatikan aspek keamanan, kenyamanan dan keberlanjutan lingkungan.

Ia mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan proyek tersebut, termasuk kontraktor, konsultan dan masyarakat yang memberikan dukungan.

“Melalui peresmian jembatan ini, diharapkan akan terjadi peningkatan dalam konektivitas dan pembangunan di wilayah Kabupaten Sigi,” harap Irwan.

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Sigi, Edy Dwi Saputro menjelaskan,  jembatan Sidondo-Deasi mulai dibangun pada 2018 dengan nilai kontrak mencapai Rp 2.078.520.384.

Pembangunan jembatan tersebut, kata dia, sempat terhenti selama dua tahun, namun dilanjutkan kembali pada 2021.

Ia merinci, nilai kontrak item pekerjaan bangunan bawah (abutment dan pilar) sebesar Rp 9 miliar lebih. Dilanjutkan, pekerjaan pengaman dengan alokasi anggaran senilai Rp 6.837.342.901, pada 2022.

Baca Juga: Resmikan Taman dan Jembatan di Poso, Berikut Pesan Gubernur Sulteng

Berikutnya, pembangunan jembatan dilanjutkan dengan mengerjakan akses jalan menuju jembatan Sidondo-Deasi dengan nilai kontrak Rp 3.517.156.258.

“Proses pembiayaan dua jembatan, yakni jembatan Sibalaya-Poi dan Sidondo-Deasi adalah keinginan Bapak Bupati Sigi dan itu semua harus jadi. Sehingga, kami berinisiatif menggunakan mekanisme yang juga bertahap bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” pungkasnya.

banner 1280x250