52 Kantong Darah Terkumpul dalam Aksi Donor Darah Basarnas Palu

PALU, theopini.idKantor pencarian dan pertolongan (Basarnas) menggelar aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis, 22 Februari 2024.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang akan diperingati pada 28 September 2024.

Baca Juga: Program Donor Darah Dinkes Parimo Berlanjut Tahun Ini, Lokus Jadi 15 Kecamatan

“Kegiatan ini, rutin dilaksanakan setiap menjelang peringatan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan,” ungkap Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga SAR, Rusmadi.

Ia mengatakan, aksi donor darah ini dilaksanakan secara serentak, baik di Basarnas pusat maupun Kantor SAR seluruh Indonesia.

Bahkan, tidak  hanya pegawai Basarnas Palu saja, pihaknya mengundang instansi seperti TNI, Polri, potensi SAR dan masyarakat untuk bergabung.

Rusmadi menuturkan, peserta yang menjalani tes kesehatan sebanyak 101 orang. Namun, 49 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena terkendala tensi darah dan hemoglobin (HB) rendah.

Sehingga, yang berhasil memenuhi syarat untuk melakukan donor sebanyak 52 orang, dan sesuai dengan Basarnas 52 kantor terkumpul dalam aksi tersebut.

Baca Juga: Rangkaian HUT ke-78 PMI di Parimo, Ada Sunatan Masal dan Aksi Donor Darah

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bersedia mendonorkan darahnya secara sukarela. Begitu juga PMI Kota Palu atas kerja samanya. Semoga darah yang telah berhasil dikumpulkan bisa membantu sesama yang membutuhkan,” pungkasnya.