Example 1280x250

Program Donor Darah Dinkes Parimo Lanjut Tahun Ini, Lokus Jadi 15 Kecamatan

Program Donor Darah Dinkes Parimo Lanjut Tahun Ini, Lokus Jadi 15 Kecamatan
Foto: Wawa Toampo

PARIMO, theopini.id Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, melanjutkan program donor darah tahun ini, untuk memenuhi kebutuhan darah pasien disejumlah rumah sakit, khususnya ibu hamil.

“Kami tetap bersinergi bersama Bappelitbangda Parimo, Palang Merah Indonesia (PMI), Camat dan Kepala Puskesmas, tetap melakukan pengambilan darah masyarakat tahun ini,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, pada Dinkes Parimo, Darlin, di Parigi, Jum’at, 19 Januari 2024.

Baca Juga: 10 Kecamatan Ditarget Penuhi Kebutuhan Stok Darah di Parimo

Menurutnya, Lokasi Khusus (Lokus) tahun ini akan bertamban, dari 10 menjadi 15 Puskesmas. Target pengumpulan darah pun, akan bertambah dari tahun sebelumnya.

Sebab, pihaknya menilai kebutuhan darah yang terpenuhi pada tahun sebelumnya, memberikan kontribusi dalam penurunan angka kematian ibu, saat persalinan.

“Kami menilai, program ini sangat efektif. Dampaknya, dari 11 kematian ibu saat persalinan, menurun menjadi empat pada 2023,” ujarnya.

Olehnya, Darlin berharap, tahun ini angka kematian ibu akan terus berkurang, dengan terpenuhinya stok darah saat persalinan.

Baca Juga: Pemda Parimo Launching Sistem Akomodasi Terpadu Donor Darah

Ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadarannya melakukan donor darah, untuk membantu memenuhi ketersediaan darah di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Parimo.

“Karena kami juga membutuhkan peran serta masyarakat, untuk membantu persoalan kekurangan stok darah saat ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!