Pemda Banggai Gandeng Universitas Padjajaran, Tingkat SDM, Riset dan Inovasi

BANGGAI, theopini.id Pemerintah Daerah (Pemda) menggandeng Universitas Padjajaran untuk berkolaborasi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), riset dan inovasi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Kolaborasi tersebut, termuat dalam nota kesepakatan bersama yang ditandatangani Bupati Banggai, H Amirudin dan Rektor Universitas Padjajaran, Rina Indiastuty, di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 21 Februari 2024.

Baca Juga: Bupati Sigi Jadi Narasumber di Kuliah Umum Universitas Alkhairaat Palu

“Terima kasih atas sambutan yang hangat dan penuh keakraban dari jajaran Rektorat Universitas Padjajaran,” ucap Bupati Amirudin, usai menandatangi nota kesepakatan bersama.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan salah satu upaya Pemda Banggai untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah.

Upaya tersebut, kata dia, sesuai dengan misi pertama Pemda Banggai, membangun SDM berkualitas, produktif dan sejahtera, melalui peningkatan akses serta kualitas pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk jenjang strata 1 maupun starata III.

Terkait dengan penelitian, Amirudin mengatakan, Pemda Banggai telah membentuk organisasi perangkat daerah baru di Kabupaten Banggai, khusus mengurusi riset dan inovasi daerah.

“Sehingga lebih fokus dan hasil-hasil riset diharapkan dapat memberikan masukan terhadap kebijakan Pemda, termasuk riset dari Universitas Padjajajaran yang akan kita kerjasamakan,” jelasnya.

Ia berharap adanya penempatan KKN tematik dari Universitas Padjajaran di Kabupaten Banggai, dapat mengidentifikasi potensi ekonomi, dan pariwisata yang dapat dikembangkan, agar meningkatkan pendapatan daerah, serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Rektor Universitas Padjajaran, Rina Indiastuty mengapresiasi Bupati Banggai atas langka kolaborasinya did alam meningkatkan SDM, riset dan Inovasi.

Baca Juga: Hadiri Wisuda Universitas Tompotika Luwuk, Begini Pesan Bupati Amirudin

Ia berharap, kerja sama ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak, dan untuk kemajuan bangsa, meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabidan kepada masyarakat.

“Univarsitas Padjajaran juga terus mengembangkan diri melalui kolaborasi bersama mitra. Untuk itu, kerja sama dengan Kabupaten Banggai juga dapat terus berkembang,” pungkasnya.