Badan Kesbangpol Sulteng Gelar FGD Indeks Demokrasi Indonesia

PALU, theopini.idBadan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tengah menggelar Focus Group Discussion (FGD) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2024. Bertempat, di Palu, Jum’at, 15 Maret 2024.

“FGD ini, merupakan wujud upaya pemerintah guna memberikan informasi dan pemahaman dalam rangka mengukur sistem demokrasi di Indonesia,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Fahrudin D. Yambas, membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Kesbangpol Banggai Mulai Jaring 221 Peserta Calon Anggota Paskibraka

Ia menjelaskan, merujuk pada hasil pengukuran Indeks Demokrasi Indonesia secara nasional pada 2022, Sulawesi Tengah mencapai nilai sebesar 80,92 poin, atau mengalami kenaikan sebesar 2,97 poin serta masuk dalam kategori baik, dibandingkan 2021, sebesar 77,95 poin.

“Kondisi Demokrasi Indonesia cukup stabil, berjalan tanpa gejolak-gejolak yang besar,”imbuhnya.

Untuk menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesia, kata dia, digunakan metode pengumpulan data Indeks Demokrasi Indonesia, yaitu aspek kebebasan meliputi berserikat dan berkumpul, berpendapat, berkeyakinan, dan dari diskriminasi.

Kemudian, aspek kesetaraan meliputi hak memilih dan dipilih, partisipasi dalam pengambilan keputusan, kesetaraan gender mendapatkan penghasilan serta akses masyarakat terhadap informasi publik.

Terakhir aspek kapasitas lembaga demokrasi, meliputi Pemilu yang bebas dan adil, peran DPRD, partai politik, birokrasi pemerintahan daerah serta peradilan yang independen.

Ia berharap, pemerintah maupun pemangku kepentingan lainya melakukan intervensi perbaikan terhadap berbagai kelemahan yang ditemui.

“Salah satu upaya yang perlu menjadi perhatian adalah pendidikan politik untuk membangun karakter politik masyarakat yang cerdas dan bertanggung jawab,” tukasnya.

Baca Juga: Kesbangpol Parimo Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan Lewat Sosialisasi

Semnetara itu, Kepala Bidang Politik Badan Kesbangpol, Kristo Suryanto Tumakaka mengatakan, tujuan FGD ini untuk Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Sulawesi Tengah 2024.

“Kemudian, tujuan lainnya memberikan pemahaman tentang penjelasan umum Indeks Demokrasi Indonesia,” pungkasnya.

banner 1280x250