Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu

TAKALAR, theopini.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Bendungan Pamukkulu di bagian hulu Sungai Pappa, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jum’at, 5 Juli 2024.

“Semua negara produktivitas pertaniannya turun, ada potensi 500 juta orang akan kelaparan di seluruh dunia, dan air menjadi hal yang sangat penting sekali. Dengan Bendungan Pamukkulu di Takalar ini, kita ingin mengelola air kita,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara

Ia mengatakan, Bendungan Pamukkulu yang dibangun sejak 2017 dengan daya tampung 82 juta meter kubik (m3), akan sangat bermanfaat.

Terutama, untuk masyarakat di Kabupaten Takalar, baik untuk air baku, potensi listrik, mereduksi banjir dan terutama untuk irigasi.

Bendungan ini, dibangun untuk meningkatkan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulsel, sebagai lumbung pangan nasional.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia mengatakan, Bendungan Pamukkulu memiliki beberapa manfaat yang luar biasa, yaitu dapat mensuplai air untuk jaringan irigasi Pamukkulu seluas 6.430 hektar.

“Manfaat lain dari Bendungan Pamukkulu adalah sebagai penyedia air baku untuk Kabupaten Takalar sebesar 160 liter/detik, dapat mereduksi dan mengendalikan ancaman banjir seluas 1.337 ha, memiliki potensi untuk pembangkit listrik tenaga air sebesar 4,3 MW, serta dapat dimanfaatkan untuk pariwisata,” terang Dirjen Bob.

Baca Juga: Target Impounding 2023, Bendungan Sepaku Semoi Jadi Sumber Air IKN

Pembangunan Bendungan Pamukkulu dikerjakan dengan anggaran senilai Rp1,83 triliun melalui 2 paket pekerjaan dengan kontraktor, PT. Wijaya Karya (Persero) – PT. Daya Mulia Turangga (KSO) serta PT. Nindya Karya – PT. Virama Wilayah V.

banner 1280x250