KONI Dorong Parimo Miliki Duta Laboratorium Duta Olahraga

PARIMO, theopini.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mendorong Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menjadi salah satu wilayah yang memiliki laboratorium duta Olaraga, untuk Sulawesi Tangeh.

“Wilayah ini banyak memiliki potensi, terbukti bapak Bupati Parimo H. Samsurizal Tombolotutu telah mengadakan pelatihan pelatih atletik dan akan menyusul pelatihan wasit serta pelatih sepak bola,” ungkap Ketua KONI Sulawesi Tengah, M Nizar Rahmatu, saat ditemui di Parigi, Rabu 19 Januari 2022.

Menurut dia, Bupati Parimo telah menjalankan Inpres nomor 3 tahun 2019, dan Perpres 86 tahun 2021 tentang desain besaran olahraga serta pembangunan persepakbolaan nasional.

Dia menyebut, langkah pemerintah daerah Parimo harus menjadi tauladan bagi daerah lain, karena telah menjalankan instruksi presiden.

Nizar juga mengatakan, terkait Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, yang akan dihelat di Kabupaten Banggai telah siap dilaksanakan.

“Hari ini dilaksanakan kami siap, tapi sebelumnya ada Cabang Olahraga beregu yang sudah bertanding,” jelasnya.

Terkait ada pelaksanaan Porprov kata dia, Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah telah mengalokasikan anggaran dengan persentase 70 persen, dan juga provinsi sebesar 30 persen, yang diprakarsai Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura.

Dia berharap, perhelatan Porprov menjadi salah satu evaluasi untuk suksesi Sulteng emas. Selain itu, menjadi motivasi duta-duta olahraga untuk tetap semangat berlatih, karena PON 2024 akan diberikan Rp1 miliar kepada peraih medali emas.

“Bonus ini terbesar di Indonesia bagi para atlet yang memberikan persembahan terbaiknya,” pungkasnya.

Laporan : Wawa Toampo

Komentar ditutup.