Omicron Menyebar ke Sulsel, Pasien Pertama di Kabupaten Takalar

Theopini.id – Seorang warga di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dilaporkan terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Warga tersebut diketahui berinisial Nr, berusia 27 tahun, beralamat di Dusun Barua, Kelurahan Bontomarannu, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

Nr tercatat sebagai pasien di Rumah Sakit Umum Daerah H. Padjonga Daeng Ngalle yang dirawat sejak 1 Januari 2022. Ia sempat pulang paksa dan per 20 Januari 2022, Litbangkes memastikan Nr positif terpapar varian Omicron.

“Penjemputan kembali kepada pasien dilakukan untuk dirawat di RSUD Padjonga Daeng Ngalle Takalar,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin, dikutip dari Viva.co.id, Minggu, 23 Januari 2022.

Selain itu, dia menyebut, sebanyak 19 orang yang diketahui memiliki kontak erat dengan Nr telah diperiksa dan dites swab namun hasilnya negatif semua.

Sebelumnya, Nr, pulang kampung setelah bekerja dari sebuah perusahaan ikan di Kepulauan Aru, Maluku, pada akhir Oktober 2021.

Saat itu, sebagai syarat perjalanan, ia mendapakan vaksinasi Covid-19 pada 5 Oktober 2021, dan sempat mengalami demam. Tiba di kampung halamannya di Takalar, kondisi Nr semakin lemah dan sakit-sakitan.

Dia pun menjalani perawatan mandiri oleh keluarga di rumah sebelum dibawa ke rumah sakit. Nr merupakan pasien pertama di Sulawesi Selatan yang dilaporkan terpapar virus Corona varian Omicron.***

banner 1280x250