Tingkatkan Pelayanan Jemaah, Kemenag Bangun Gedung PLHUT

PARIMO, theopini.id – Kementrian Agama(Kemenag) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah membangun gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) untuk meningkatkan pelayanan maksimal bagi Jemaah.

“Pembangunan gedung PLHUT ini sebagai sarana untuk meningkatkan layanan bagi jemaah haji dan umroh di Kabupaten Parimo, dan saat ini gedung itu juga telah rampung ,” ungkap Pengelola Haji dan Umroh, Jumadil Akbar, saat ditemui di Parigi, Jumat 21 Januari 2022.

Dia mengatakan, gedung PLHUT dibangun dengan dana bantuan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2021, dan akan difungsikan setelah peresmian.

Menurutnya, saat ini pihak Kemenag sedang  melakukan Koordinasi di Jakarta bersama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Dirjen PHU), terkait peresmian gedung tersebut.

“Jadi dalam waktu dekat akan dilaksanakan peresmian gedung PLHUT ini,” ujarnya.

Gedung PLHUT tersebut kata dia, akan digunakan sebagai tempat  manasik haji, dan dapat disewakan  kepada pihak Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) untuk menambah pendapatan negara bukan pajak.

“Salah satu komitmen pembangunan proyek ini agar dapat menambah pendapatan negara,” jelas Jumadil.

Selain itu, ke depan pemberangkatan haji dan umroh akan dilaksanakan di Kemenag, jemaah merasa lebih aman dan yakin berada dalam naungan serta pengawasan pihaknya.

“Menurut undang-undang bahwa telah menjadi tugas Kemenag untuk melindungi dan membina jemaah terakit pelaksanaan ibadah haji dan umroh,” pungkasnya.

Laporan : Wawa Toampo