Laboratorium Lingkungan Pemda Donggala Telah Terakreditasi

DONGGALA, theopini.id – Laboratorium Lingkungan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Donggala, Sulawesi Tengah, terah terakreditasi oleh Komisi Akreditasi Nasional.

“Kami siap melayani masyarakat untuk melakukan pengujian di Laboraturium di Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Donggala,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboraturium (DLH) Kabupaten Donggala, Saleng, S. Sos, Jum’at 11 Februari 2022.

Dia mengatakan, Laboratorium lingkungan DLH telah takreditasi sejak 2021, dan dapat melakukan pengujian sampel mulai dari usaha pertambangan dan usaha lainnya.

Tujuannya, untuk membantu masyarakat dalam proses pengusulan analisasi dampak lingkungan dari kegiatan usaha mereka.

“Laboraturium bisa menguji  pengambilan sampel seperti air higenis, air bersih, air minum, air laut, dan air sungai, serta air limbah,” ungkap Saleng.

Menurutnya, Laboraturium DLH Donggala telah digunakan beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah, untuk melakukan pengujian sampel lingkungannya, seperti Buol, Toli-toli, dan Tojo Una-Una.

Bahkan, ada juga sejumlah perusahaan berasal dari kementerian, yang melakukan pengujian sampel di Laboratorium tersebut.

“Mereka diwajibkan untuk mengambil sampel, dan para konsultan dari pusat sudah tahu ada Laboratorium kami ini,” kata dia.

Saat pelaksanaan pelebaran bandara Mutiara SIS Al Jufri Kota Palu, pihaknya juga dilibatkan dalam proses pengambil sampel kebisingan udara ambien.

Kemudian, di Laboratorium tersebut juga dapat menguji air akibat limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) rumah sakit dan DSP partikel debu perusahaan.

“Jika terdapat debu yang berlebihan di perusahaan bisa diambil sampelnya, seperti debu partikuler PM 10 dan Partikel kecil lainnya, partikel besar PM 25.

Selain itu, pengujian sampel biota laut seperti terumbu karang dan ikan, serta berbagai jenis hewan di air sungai, seperti kepiting, pelanton pun terlayani.

Laporan : Syamsir