Example 1280x250

Mendagri: Pemindahan IKN Harus Disikapi Optimis

Mendagri: Pemindahan IKN Harus Disikapi Optimis
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono saat melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Timur, Rabu 16 Februari 2022. (Foto : Istimewa)

Theopini.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) harus disikapi dengan optimis. Pasalnya, pemindahan tersebut telah memiliki payung hukum yang jelas, dan memiliki landasan yang kuat.

“Harus optimis, the show must go on,” kata Mendagri dalam keterangannya di Titik Nol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu 16 Februari 2022.

Mendagri meminta, agar semua pihak perlu mendukung proses pemindahan IKN, termasuk siapapun yang bakal menjadi pemimpin nantinya. Hal ini karena pemindahan IKN telah didukung regulasi yang kuat.

“Itu sudah ada undang-undangnya, kemudian dasar hukumnya, PP-nya (Peraturan Pemerintah) sebentar lagi. Kalau nanti pas 2024 kita harapkan siapapun presidennya, atau siapapun pemimpinnya, (dia) pendukung IKN,” tambah Mendagri.

Di sisi lain, ihwal sistem pemerintahan IKN nantinya, Mendagri menjelaskan kawasan tersebut akan berbentuk provinsi dengan kekhususan. Regulasi yang mengatur kekhususan dimiliki IKN baru tersebut, saat ini tengah dalam proses penyusunan. Ditargetkan aturan tersebut bakal rampung dalam waktu dekat.

“Nah untuk itulah ada amanat untuk membuat PP mengenai tata cara pemerintahan di sini, dan kami menarget satu bulan selesai,” tegasnya.

Laporan : Suryadi/**

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!