Ketersediaan Akses Internet di Parimo Diharapkan dapat Mendorong IPM

PARIMO, theopini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah berharap, pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G di wilayah setempat, dapat mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Pembangunan ini akan memperluas ketersediaan akses layanan internet dalam mendorong IPM di Kabupaten Parimo, serta dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan kompeten diberbagai bidang, khususnya pada bidang pariwisata,” ungkap Asisten I Bidang Administrasi Pembangunan, Setda Parimo, Samin Latandu, Selasa 15 Maret 2022.

Hal itu diungkapkan Samin, saat peresmian pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung, di Kecamatan Tinombo, Selasa.

Dia mengatakan, pemerintah akan melakukan intervensi dengan menambah alokasi dana pembangunan tower BTS 4G diseluruh desa yang belum terjangkau layanan telekomunikasi, guna pemerataan akses jaringan.

Dalam perencanaan kerja pemerintah di 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimplementasikan program kerja yang berhubungan dengan pengembangan manusia, infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi, ekonomi serta pelayanan publik.

“Peluang tersebut harus direbut Pemda Parimo melalui Dinas Kominfo. Pemda Parimo pun akan terus beupaya mewujudkan program Parimo Go,” ungkapnya.

Menurut dia, program Parimo Go oleh Pemda Parimo, selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo, tentang transformasi digital, dan Menteri Kominfo Joni J Platate terkait akselerasi transformasi digital menjadi dasar rancangan program kerja Kominfo 2022-2023.

Kemudian, pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya di wilayah 3T merupakan program kerja utama Bakti Kominfo, salah satunya adalah penyediaan sinyal 4G melalui pembangunan BTS di 7904 lokasi hingga 2022-2023.

“Dalam skema kerja sama Pemda menyaiapkan lahan dan izin, sedangkan pemerintah pusat diberi fasilitas pembebasan IMB, untuk membangunan infrastruktur telekomunikasi,” jelas Samin.

Dia berharap, pembangunan infrastruktur BTS dapat secepatnya selesai, dan meminta Dinas Kominfo melakukan monitoring serta memastikan tidak terjadinya permasalahan di lapangan.

“Terus dan jaga komunikasi melalui Dinas Kominfo, guna kelancaran pembangunan ini. Atas nama masyarakat Parimo, kami berterimakasih kepada Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, yang telah memberikan bantuan ini,” pungkasnya.

Komentar ditutup.