Atasi Pandemi Covid-19, Pemerintah Terus Upayakan Perlindungan Sosial

Theopini.id – Pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada masyarakat, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, dan sosial. Untuk itu, diperlukan adanya program perlindungan sosial sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Kita menjaga supaya masalah kemiskinan, masalah sosial itu tidak terlalu jatuh, maka harus kita siapkan melalui upaya-upaya perlindungan sosial,” ujar Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 20 Maret 2022.

Hal itu disampaikan Ma’ruf Amin dalam wawancaranya dengan salah satu station TV swasta melalui program “Point of View”, Minggu.

Menurut dia, ada dua pendekatan dalam mengatasi masalah kemiskinan, yaitu; melalui perlindungan sosial yaitu diberikannya berbagai bantuan sosial.

Kemudian, yang kedua melalui pemberdayaan masyarakat, yaitu program yang melibatkan masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan pembangunan di tingkat masyarakat, sehingga masyarakat mempunyai rasa memiliki terhadap program pembangunan tersebut, tidak hanya sekedar menerima bantuan saja.

“Masalah kemiskinan itu didekati melalui dua hal, pertama yaitu perlindungan sosial atau bantuan sosial dan yang kedua itu adalah pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), ia menuturkan saat ini pemerintah terus mengupayakan koordinasi antara kementerian/lembaga yang terkait, agar bantuan sosial ini dapat diberikan tepat sasaran.

“Kita sekarang mengoordinasikan semua program yang ada, kita melakukan konvergensi agar sasaran-sasaran itu memang sesuai dengan yang di daerah,” ungkapnya.

Dia mengakui, dana yang dikelola pemerintah banyak yang digunakan untuk keperluan penanganan pandemi Covid-19. Sehingga, cukup berpengaruh pada pelaksanaan program pemerintah yang berbasis anggaran.

“Kemarin memang kan tersedot oleh refocusing. Semua dana itu kan untuk penanganan pandemi, jadi semua terkena dampak akibat pandemi,” jelas Wapres.

Wapres menekankan ekonomi nasional saat ini sedang dalam tahap pemulihan, sehingga harus terus diupayakan untuk mendorong bangkitnya UMKM melalui berbagai bantuan dan keringanan.

“UMKM kita dorong melalui adanya bantuan-bantuan, keringanan pajak, maupun bantuan sosial untuk pengusaha kecil, semua kita dorong dan sekarang sedang dalam recovery,” pungkasnya.***

banner 1280x250

Komentar