Wabup Parimo Minta Dinkes Segera Operasikan Gedung PSC 119

PARIMO, theopini.id – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Badrun Nggai, SE meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) segera mengoperasikan gedung Public Safety Center (PSC) yang telah diresmikan pada akhir 2021.

“Saya sudah tanyakan kepada Dinkes itu. Kenapa bangunan itu polos terus? Janjinya saat diresmikan begini-begitu. saya setiap lewat kondisinya hanya seperti itu,” ungkap Badrun saat ditemui di Parigi, Senin 21 Maret 2022.

Menurut dia, pada peresmian gedung tersebut Dinkes Parimo menyampaikan PSC 119 bertugas menerima atau menjawab, panggilan telpon.

Bahkan radio komunikasi dari masyarakat melalui Call Centre dalam pelayanan gawat darurat medik atau memberikan informasi terkait ketersediaan tempat tidur rumah sakit di wilayah kota Parigi.

Namun, usai dilakukan peresmian tak terlihat aktivitas seperti apa yang telah dijanjikan. Sehingga, perlu untuk dijelaskan agar diketahui masyarakat, apa yang menjadi kendala untuk mengoperasikan gedung PSC 119.

“Jika memang anggaran menjadi kendala, seharusnya dicari jalan keluar agar gedung itu bisa dimanfaatkan,” kata dia.

Badrun pun berencana akan menjadwalkan pertemuan dengan Kepada Dinkes Parimo dan kepala bidang terkait, untuk menanyakan alasan tidak dimanfaatkannya gedung tersebut, serta mencari solusi agar segera beroperasi.

Sebelumnya, dikutip dari radarparimo.com, Badrun Nggai meresmikan PSC 119 Dinas Kesehatan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Dinas Kesehatan tahun 2021,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Parimo, Ellen Ludya Nelwan saat ditemui di Parigi,  Senin 13 Desember 2021.

Ellen menjelaskan, PSC 119 merupakan ruang lingkup kerja yang mengelola, menerima panggilan dari penelpon.

Kemudian, dapat menghasilkan sebuah interaksi langsung kepada pembawa berita, melalui beragam media teknologi dan didukung oleh pilar proses Sumber Daya Manusia (SDM), dan pelayanan ambulance berlokasi disuatu tempat, sekaligus memberikan pengalaman tertentu bagi pembawa berita.

PSC 119 juga bertugas menerima atau menjawab, panggilan telpon, bahkan radio komunikasi dari masyarakat melalui Call Centre dalam pelayanan gawat darurat medik atau memberikan informasi terkait ketersediaan tempat tidur rumah sakit di wilayah kota Parigi.

“Tujuan dibentuknya PSC 119, dapat menjadi sarana masyarakat, agar dapat mengetahui dan meneruskan informasi dari lokasi kejadian untuk ditindaklanjuti dalam proses penanganan korban di lapanhan,” ungkapnya.

banner 1280x250

Komentar