Kesbangpol Gandeng TP PKK Gelar Pembinaan Kader Bela Negara

PARIMO, theopini.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) gandeng Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menggelar pembinaan kader bela Negara.

“Tujuan digelarnya pelatihan dan pembinaan kesadaran bela Negara bagi anggota PKK untuk meningkatkan dan memantapkan pemahaman anggota, tentang pentingnya kesadaran bela negara,” ungkap Ketua TP-PKK Parigi Moutong, Noor Wachida Prihartini, S. Tombolotutu, di Parigi, Rabu 23 Maret 2022.

Dia mengatakan  nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap, dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Hal itu, mencakup lima unsur, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan atas kebenaran Pancasila, berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela Negara.

Menurutnya, untuk menghargai nilai-nilai kemerdekaan, dan jasa para pahwalan yang berjuang memerdekaan Negara Indonesia, dengan ditunjukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti sikap adab dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

”Posisi berdiri tegap dan menghayati dengan sungguh-sungguh, akan terbesit rasa betapa beratnya para pejuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Maka jangan sampai menyia-nyiakan hasil perjuangan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan, Ideologi Pancasila, dan Karakter Bangsa, Hasni Djimpa berharap, kegiatan ini mampu mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Selain itu, para kader TP PKK mampu melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Kami harapkan apa yang kami targetkan bisa tercapai melalui kegiatan ini. Para kader dapat berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Komentar ditutup.