Susun Skema dan Lokus 2023, Pemda Parimo Gelar Rembuk Stunting

PARIMO, theopini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menggelar Rembuk Stunting, dalam rangka penyusunan skema kegiatan dan Lokasi Fokus (Lokus) penanganan Stunting di 2023.

“Percepatan penurunan stunting sebagai salah satu kegiatan kualitas daerah yang menjadi program strategis untuk menata kembali pelayanan dasar,” ungkap Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parimo, Ir. Lewis saat membacakan sambutan Bupati Parimo, di aula Bappelidbangda, Senin 28 Maret 2022.

Menurut dia, pelayanan dassar tersebut, khususnya berkaitan dengan pelayanan kesehatan ibu dan anak, konseling gizi terpadu, air minum dan sanitasi, pendidikan anak usia dini serta perlindungan sosial agar lebih terpadu dan tepat sasaran.

Untuk itu kegiatan Rembuk Stunting, dilaksanakan sebagai bentuk musyawarah semua pihak dalam rangka menurunkan prevalensi dan intervensi penanganan Stunting.

Tujuannya kata dia, menyampaikan hasil rencana kegiatan intervensi penurunan Stunting terintegrasi, mendeklarasikan komitmen Pemda, dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan terintegrasi serta membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan penurunan Stunting secara terintegrasi.

“Saya berharap kepada bapak, ibu dapat mengikuti kegiatan ini secara aktif, sehingga informasi yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Lewis.

Dia mentakan, dari Rembuk Stunting tersebut akan terwujud koordinasi penanganan isu-isu pelaksanaan dan pemanfaatan hasil aksi konvergensi, bagi perbaikan perencanaan dan penganggaran daerah.

Kemudian, mengidentirikasi langkah kerja bagi penguatan peran dan rencana kerja tim koordinasi serta memahami persiapan yang perlu dilakukan menjelang pelaksanaan penilaian kinerja di Kabupaten Parimo.

Di akhir kegiatan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Parimo, Ir. Lewis menyerahan penghargaan percepatan penanganan sebagai Lokus Stunting terbaik dari Pemda Parimo berupa pelakat kepada Desa Gio Induk Kecamatan Moutong, diwakili Kepala Puskesmas Kecamatan Moutong, Yasir Syam S.KM.***

Sumber : Bagian Prokopim Setda Parimo

banner 1280x250

Komentar