Harga Ayam Potong di Gorontalo Utara Naik Rp 5.000 per Kilogram

GORONTALO, theopini.idSejak H-4 jelang 1 Ramadan 1443 Hijriyah, harga ayam potong atau disebut ayam kota, dijual di pasar tradisional Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengalami kenaikan.

“Harga ayam potong mulai naik di kisaran Rp 5.000 per kilogram sejak H-4 jelang bulan suci Ramdan,” kata Jois Kaaba, pedagang ayam potong di pasar tradisional Kwandang, di Gorontalo, dikutip dari Republika.co.id, Minggu 3 April 2022.

Dia mengatakan, harga ayam potong sebelumnya dijual Rp 25 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Namun ayam potong di daerah itu umumnya dijual per ekor seharga Rp 70 ribu tanpa jeroan hati dan ampela.

“Jika pembeli ingin membeli lengkap, harganya menjadi Rp 80 ribu/ekor,” kata dia.

Menurutnya, fenomena kenaikan harga ayam potong ini sudah biasa terjadi menjelang bulan suci Ramadan atau hari besar keagamaan, karena permintaan tinggi.

Tetapi memang, kata Jois, harga dari pihak perusahaan pun ikut naik. Bahkan, pedagang kerap berebut stok karena takut kehabisan akibat tingginya permintaan.

Dia mengaku, menyiapkan paling sedikit 100 kilogram ayam potong siap jual setiap hari pasar. Mengingat pasar besar tradisional di wilayah itu tidak berlangsung setiap hari.

Pedagang berpindah (nomaden) dari pasar satu ke pasar lainnya. Khusus di wilayah Kecamatan Kwandang atau ibu kota kabupaten, terdapat dua pasar besar tradisional, yaitu pasar Moluo dan Molingkapoto.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Gorontalo Utara, Hasan Hiola mengatakan, pihaknya terus memantau ketersediaan pasokan ayam potong untuk daerah itu. Rata-rata pedagang mendapatkan pasokan dari distributor yang ada di wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

“Meski permintaan tinggi saat ini, kami berharap stok dari pihak perusahaan atau distributor tetap normal,” kata dia.

Pantauan pun terus dilakukan di seluruh pasar tradisional di 11 kecamatan. Total ada 17 pasar tradisional di daerah ini.

“Kami memantau ketersediaan stok, harga juga melakukan edukasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi borong yang dapat memicu kenaikan harga,” kata Hasan lagi.

Meski kenaikan harga ayam potong terjadi, namun ia memastikan stok tersedia dan harga masih terkendali.***

banner 1280x250