banner 1280x250

Dinas Kesehatan Sulteng Gelar Jalan Santai Sambut HKN ke-56

Dinas Kesehatan Sulteng Gelar Jalan Santai Sambut HKN ke-56
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma'mun Amir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr. I Komang Adi Sujendra SP, PD, mengikuti jalan santai yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HKN ke-56 tahun, Sabtu, 12 November 2022. (Foto : Istimewa)

PALU, theopini.id – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar jalan santai untuk menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun, dengan tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’, pada Sabtu, 12 November 2022.

“Logo yang digunakan pada peringatan HKN adalah kupu-kupu yang senantiasa menjalani metamorfosis perjalanan mencapai bentuk indah. Sayap kupu-kupu berjumlah enam menunjukkan enam pilar transformasi kesehatan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr. I Komang Adi Sujendra SP, PD, saat menyampaikan sambutannya.

Baca Juga : Kosgoro Hibur Ribuan Masyarakat Parimo dengan Jalan Sehat Berhadiah

Menurutnya, HKN dilaksanakan disetiap kabupaten/kota di Sulawesi Tengah. Pada tingkat provinsi dilaksanakan berbagai cabang olahraga, seperti bola voli, badminton, catur, domino dan jalan santai, untuk menjalin persatuan dan kolaborasi dalam tugas ketahanan, khususnya dalam pembangunan kesehatan.

“Dari kepala hingga kaki kupu-kupu memiliki tugas dan fungsi serta saling menopang untuk mencapai tujuan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir mengatakan, 58 tahun bukanlah usia yang singkat, banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, khususnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, kendala tantangan dalam penyediaan pelayanan kesehatan menguji sistem kesehatan Indonesia yang ternyata tidak siap menghadapi pandemi saat itu.

“Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang. Saat ini kita menghadapi masa transisi dari pandemik ke endemik,” ungkap Wakil Gubernur saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan.

Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang.

Belajar dari sejarah pandemi yang terjadi, kata dia, di dunia transisi menuju endemik dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga.

“Pandemi Covid-19 telah mengajarkan, tak ada satupun orang di dunia yang aman, dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun di masa yang akan datang,” tukasnya.

Kementerian Kesehata, lanjutnya, saat ini menyusun langkah konkrit dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada enam pilar, yaitu layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan teknologi kesehatan.

Baca Juga : DPC Partai Golkar Kabupaten Sigi Gelar Jalan Sehat

Adapun rute jalan santai dimulai di depan halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jl. Kartini, Jl. Nokilalaki, Jl. Juanda, Jl. Moh. Hatta, Jl. Gatot Subroto, Jl. Masjid Raya dan finis di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi.

Peringatan HKN ini juga dimeriahkan dengan Doorprize berupa,  sepeda lipat, kipas angin, kulkas, dispenser, mesin cuci dan lain-lain. Hadiah utama yakni, 4 unit Sepeda Gunung yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Ma’mun Amir.

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: