KPU Ajak Masyarakat Berikan Tanggapan pada Seleksi Anggota PPS

PARIMO, theopini.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mengajak masyarakat untuk memberikan tanggapan pada setiap hasil tahapan seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kami telah melalui proses tahapan ujian seleksi anggota PPS. Kami berharap masyarakat dapat berperan serta dengan memberikan tanggapan, saat KPU pengumumkan nama-nama calon PPS, yang lolos ujian tertulis,” ungkap Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, KPU Parimo, Abdul Gafur, di Parigi, Rabu, 11 Januari 2023.

Baca Juga : Belum Penuhi Kuota, KPU Parimo Perpanjang Pendaftaran Anggota PPS

Menurutnya, peran serta masyarakat sangat membantu KPU Parimo, untuk mengumpulkan informasi tentang para calon PPS yang berafiliasi dengan Partai Politik (Parpol) atau kandidat tertentu.

Selain itu, adanya para calon PPS yang masih tercantum sebagai pengurus Parpol, dan tim sukses dalam lima tahun terakhir.

“Sehingga akan menjadi pertimbangan KPU dalam meloloskan para calon PPS, yang diberikan tanggapan. Saya juga ingatkan, saat memberikan tanggapan, masyarakat harus menyertakan identitas,” tukasnya.

Dia mengungkapkan, pendaftar calon PPS dari 283 desa/kelurahan berjumlah 3.132 orang. Namun, yang diterima berkasnya oleh KPU sebanyak 2.600 orang. Kemudian, dinyatakan lolos administrasi sebanyak 2.582 orang.

Jumlah 2.582 orang tersebut, kata dia, yang mengikuti seleksi tes tertulis pada 10 Januari 2023, yang dilaksanakan secara manual di 16 titik.

“Pelaksanaan ujian tertulis hanya satu hari, dan berjalan dengan lancar. Setelah ujian, kami juga langsung melakukan pemusnahan lembar soal,” ujarnya.

Rencananya pengumuman hasil tes tertulis, akan dilaksanakan pada 15-18 Januari 2023. Selanjutnya, akan dilakukan tahapan wawancara calon PPS pada 18-20 Januari 2023.

Baca Juga : Rekrutmen PPS, Tolai Barat dan Salubanga Minim Pendaftar

Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan tempat dan metode pelaksanaan tes wawancara tersebut, karena akan dibahas terlebih dahulu dalam rapat pleno KPU.

“Kemungkinan apakah akan ditugaskan ke anggota PPK atau KPU sendiri yang akan melakukan wawancara, ini belum bisa saya pastikan. Tapi melihat pelaksanaan Pemilu sebelumnya, tes wawancara dilakukan oleh anggota KPU,” pungkasnya.

Komentar ditutup.