Hardiknas Harus Jadi Momentum Evaluasi Merdeka Belajar

JAKARTA, theopini.idKetua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengingatkan momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, perlu menjadi ruang evaluasi untuk mengukur efektivitas Program Merdeka Belajar.

Menurutnya, dengan dicanangkannya Program Merdeka Belajar sejak Februari 2022, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) seharusnya sudah memiliki sejumlah indikator keberhasilan maupun kegagalan.

Baca Juga: Kemendikbudristek Distribusikan Buku Bacaan Bermutu

“Kami menilai setidaknya ada indicator, untuk melihat tren efektivitas apakah memang hasil program Merdeka Belajar ini sesuai, bertujuan menciptakan profil pelajar Pancasila yang mempunyai karakter kuat dan menguasai kemampuan dasar bidang numerik, literasi, dan sains setelah hampir 3,5 tahun diluncurkan Mas Menteri,” tutur Syaiful Huda dalam keterangan resminya, Selasa, 2 Mei 2023.

Diketahui, Merdeka Belajar memiliki 24 episode. Masing-masing berisi sejumlah sub program yang merupakan turunan dari visi program tersebut.

Di antaranya, program sekolah penggerak, program guru penggerak, program organisasi penggerak, program asesmen nasional, penghapusan tes akademik untuk masuk perguruan tinggi negeri, hingga penghapusan tes calistung bagi siswa PAUD.

Dari sudut pandangnya, beberapa sub program Merdeka Belajar memiliki kontroversi. Seperti, adanya kisruh organisasi penggerak yang sempat menjadi polemik nasional.

Kemudian, penolakan terhadap RUU Sisdiknas oleh sebagian masyarakat pendidikan sehingga gagal menjadi program legislasi nasional prioritas.

Sehingga, ia menilai itikad baik dari Kemendikbudristek harus segera dilakukan. Mengingat, evaluasi program Merdeka Belajar menjadi vital guna meningkatkan partisipasi publik dalam proses perumusan dan adopsi kebijakan Merdeka Belajar.

“Berbagai program tersebut tentu merupakan itikad baik dari Mas Menteri namun sebagai sebuah kebijakan maka sudah seharusnya diuji apakah memang benar-benar memberikan dampak bagi perbaikan kualitas pendidikan di tanah air,” ujarnya.

Di sisi lain, pengelolaan tenaga pendidikan di Indonesia belum menemukan titik terang. Hingga kini, program rekrutmen sejuta guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum terpenuhi sesuai dengan harapan.

Bahkan, menurutnya terdapat kesenjangan kualitas pendidikan kualitas pendidikan antar wilayah juga masih terasa.

“Upaya untuk membuat sekolah sebagai tempat aman dan nyaman bagi peserta didik untuk tumbuh kembang juga masih belum sepenuhnya terealisasi. Hal ini dibuktikan dengan masih maraknya bullying yang bahkan memunculkan korban jiwa,” katanya.

Oleh karena itu, Syaiful pun berharap, di sisa waktu 1,5 masa kerja Mendikbudristek Nadiem Makarim ini, secepatnya dilakukan penajaman program prioritas supaya dampak nyata dari upaya perbaikan kualitas pendidikan di tanah air terasa.

Baca Juga: Nadiem Dorong Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Kaltara

Dia menilai, Nadiem Makarim juga perlu memilih program yang harus diselesaikan sehingga diperoleh legacy yang diingat oleh publik.

“Saya menyarankan tunaikan saja rekruitmen sejuta guru honorer menjadi PPPK sehingga janji perbaikan kesejahteraan guru bisa terealisasi. Dengan demikian periode pemerintahan ke depan tinggal fokus pada peningkatan kualitas dan manajemen distribusi guru ke seluruh wilayah di tanah air,” tutup legislator Daerah Pemilihan Jawa Barat VII itu.

Komentar ditutup.