Ratusan Pelajar SMP di Parimo Ikut O2SN dan OSN

PARIMO, theopini.id Ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Senin, 15 Mei 2023.

“Kegaitan ini, dimulai dari 15-17 Mei 2023, O2SN dilaksanakan di SMP Negeri 2 Parigi. Sementara O2N di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parimo, secara daring,” kata Kepala Bidang Manajeman Sekolah Dasar, Ince Pina, di Parigi, Senin.

Baca Juga: Puluhan Siswa SD Ikut O2SN dan FLS2N Tingkat Kecamatan Parigi

Menurutnya, kegiatan O2SN akan memperlombakan lima Cabang Olahraga (Cabor), yakni atletik, karate, silat, badminton dan renang, yang diikuti 60 pelajar dari enam rayon.

Kemudian, kata dia, O2N akan memperlombakan tiga mata pelajaran, yaitu IPA, IPS dan Matematika yang diikuti 342 siswa.

“Di mana tiap sekolah diwakili sebanyak tiga orang siswa, untuk masing-masing mata pelajaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Parimo, H Badrun Nggai, SE mengatakan, olahraga merupakan kegitan fisik yang membangkitkan semangat, menumbuhkan sportifitas, persahabatan dan persaudaraan. Sehingga, O2SN diselenggarakan setiap tahun.

Menurutnya, ini merupakan momentum yang sangat tepat dan berharga bagi pelajar, untuk berprestasi dan berkompentisi secara sehat serta memberikan pengalaman dalam bekerjasama, mematuhi peraturan dan kelemahan diri sendiri.

“Mereka juga bisa memahami, nilai-nilai fairplay yang jujur sehat dan bersahabat,” ujarnya.

Baca Juga: Sabet Trofi Juara 1, Siswa SDN 3 Parigi Ini Ingin Wakili Sulteng di FLS2N Nasional

Lewat kegiatan ini, kata dia, pemerintah berharap para peserta bisa berprestasi di tingkat propinsi maupun nasional. Sehingga, dapat menjadi barometer keberhasilan dalam melakukan pembinaan olahraga di Kabupaten Parimo.

“Saya berharap kepada siswa maupun guru untuk menjaga ketertiban dan keamanan, saling menghargai satu sama lain. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.