banner 1280x250

Dinas Ketahanan Pangan Parimo Tekan Harga Beras Lewat Gerakan Pangan Murah

Dinas Ketahanan Pangan Parimo Gencar Gelar GPM hingga Harga Bapok Stabil
Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, pada Dinas Ketahanan Pangan Parimo, Rahmatia. (Foto: Oppie)

PARIMO, theopini.idDinas Ketahanan Pangan Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menjadwalkan pelaksanaan gerakan pangan murah, untuk menekan kenaikan harga beras, pada Jum’at, 22 September 2023.

“Gerakan pangan murah ini, akan kembali mengandeng BULOG yang akan menyiapkan dua ton beras,” kata Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, pada Dinas Ketahanan Pangan Parimo, Rahmatia, di Parigi, Selesa, 19 September 2023.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah di Parimo Diserbu Warga

Menurutnya, gerakan pangan murah sebenarnya rutin dilaksanakan setiap jumat, dengan lokasi yang berbeda-beda.

Hanya saja, dua pekan berturut-turut tidak dilakukan, karena pemerintah pusat menerbitkan regulasi yang mengatur tentang penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) baru beras sebesar Rp10.900 per kilogram.

Sementara harga beras BULOG masih sebesar Rp9.950 per kilogram. Sehingga, perlu disosialisasikan ke masyarakat agar tidak menimbulkan persoalan.

“Makanya, kami mau sosialisasi dulu HET baru yang diterbutkan per 1 September 2023. Masyarakat harus tahu, jangan nanti dianggap kami yang naikan harga,” jelasnya.

Dirasa cukup untuk disosialisasikan, kata dia, Dinas Ketahanan Pangan akhirnya menjadwalkan pelaksanaan gerakan pangan murah pekan ini.

Rencananya, setiap Kepala Keluarga (KK) akan diberikan kuota empat kemasan atau setara 20 kilogram.

Baca Juga: Warga Diminta Tak Ragukan Kualitas Beras SPHP

Dia berharap, program Stabilitas Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Parimo dapat menekan harga beras dan mengendalikan inflasi

“Kita laksanakan di halaman kantor saja, meski masih terbatas, tidak seperti biasanya 9 komoditi strategis ada semua,” pungkasnya.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!