Example 1280x250
Ragam  

Menparekraf Lepas Pengantaran Tumpe ke Kerajaan Banggai

Lepas Pengantaran Tumpe ke Kerajaan Banggai, Menparekraf: Festival Terbaik di Indonesia
Manparekraf, Sadiaga Uno saat menghadiri Festival Tumpe di Kabupaten Banggai, Sabtu, 2 Desember 2023. (Foto: istimewa)

BANGGAI, theopini.id  – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melepas proses pengantaran Tumpe ke Kerajaan Banggai, di Lapangan Tolando Kecamatan Batui, Sabtu, 2 Desember 2023.

Diketahui, Festival Tumpe di Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah meraih predikat Karisma Event Nusantara (KEN) untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Kemenparekraf Berharap Festival Durian Internasional Tak Sekedar Seremoni

Pada kesempatan itu, Menparekraf, Sadiaga Uno menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai, karena Festival Tumpe terpilih sebagai salah satu festival terbaik di Indonesia.

Sebagai warisan budaya, Ritual Mombowa Tumpe telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Kecamatan Batui sejak 1.400 hingga saat ini.

Upacara ini, memperlihatkan kebesaran tradisi dan sekaligus menjadi saksi sejarah dari 3 kabupaten yang pernah utuh dalam satu kerajaan kuat dan berdaulat.

“Saya sangat mengapresiasi Pemda Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut yang telah melestarikan ritual Adat Tumpe. Ini menunjukan adanya semangat melestarikan budaya,” ungkap Sandiaga.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk menggalakan pertumbuhan sektor pariwisata, yakni dengan diselenggarakannya Festival Mombowa Tumpe 2023.

“Festival ini, memiliki makna dan nilai yang tinggi bagi masyarakat Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Baca Juga: Target Masuk Daftar KEN, Pemda Parimo Kembali Gelar FTT

Senada, Bupati Banggai,  Ir. H. Amirudin mengatakan, dengan letak geografis yang strategis, Kabupaten Banggai memiliki peluang besar untuk menjadi destinasi wisata yang menarik minat wisatawan, baik lokal maupun internasional.

“Untuk mendukung itu, kami meminta dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat guna membantu pengembangan pariwisata di Kabupaten Banggai,” pungkasnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!