BPMP Sulteng Gelar Rakor Terpadu Kebijakan Merdeka Belajar

BANGGAI, theopini.id Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terpadu kebijakan merdeka belajar, di Luwuk, Kabupaten Banggai, Senin, 26 Februari 2024.

Kegitan tersebut, dilaksanakan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) di empat kabupaten, yakni Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, dan Tojo Una-Una.

Baca Juga: Disdikbud Parimo Akan Gelar Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar

“Kebijakan Merdeka Belajar (KMB) merupakan upaya Kemendikbudristek dalam melakukan transformasi pendidikan, dan memenuhi tuntutan kemajuan pendidikan secara global,” ungkapnya, Kepala Sub Bagian Umum BPMP Sulawesi Tengah, Ardin, dalam sambutannya.

Menurutnya, tujuan dari rakor ini untuk menyinergikan strategi pemenuhan target lewat program penjaminan mutu pendidikan antara BPMP, Balai Guru Penggerak, dan Pemda.

Selain, diikuti Dinas Pendidikan di region Banggai, BPMP juga melibatkan perangkat daerah yang mengurusi layanan kesehatan, perlindungan terhadap anak, pengembangan sumber daya manusia dan kepegawaian daerah, serta perencanaan dan pengembangan daerah.

Sementara itu, Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin mengatakan, kebijakan merdeka belajar yang saat ini telah mencapai 26 episode, sangat relevan dengan upaya pemerintah dalam menyiapkan generasi terbaik Indonesia Emas pada 2045.

Bahkan, kebijakan merdeka belajar memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan, dan lingkungan belajar peserta didik.

Pada Kesempatan itu, BPMP Sulawesi Tengah juga mengumumkan pemenang KMB Award 2024 bagi Pemda yang dinilai baik, dalam menyukseskan kebijakan merdeka belajar di region Banggai.

Dari 9 kategori penghargaan, Kabupaten Banggai meraih 1 penghargaan sebagai daerah dengan komitmen Pemda terbaik terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif.

Baca Juga: Hardiknas Harus Jadi Momentum Evaluasi Merdeka Belajar

Adanya regulasi khusus tentang pendidikan inklusif yang dimiliki Pemda Banggai, menjadi wujud komitmen Pemda Banggai dalam mendukung kebijakan merdeka belajar.

KMB Award 2024 juga diberikan kepada Kabupaten Banggai Laut yang sukses menyabet empat kategori penghargaan, diikuti Tojo Una-Una dengan tiga kategori penghargaan, dan Banggai Kepulauan satu kategori penghargaan.