Polri Akan Edukasi Masyarakat Terkait Investasi Bodong

Theopini.id – Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri memberikan edukasi terkait investasi bodong, dengan harap masyarakat tidak terjebak dan menjadi korban.

“Kasus-kasus investasi bodong bukan hanya saat ini terjadi. Kita akan edukasi masyarakat terkait hal ini,” ujar Kepala Baharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto, dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari Republika.co.id, Sabtu, 5 Februari 2022.

Menurut dia, upaya memberi pemahaman kepada masyarakat agar terhindar dari Bahasa investasi bodong tak cukup hanya dengan edukasi.

Olehnya, Baharkam Polri akan membuat posko di 100 pusat perbelanjaan yang isinya berkaitan dengan pemahaman kejahatan dengan modus investasi bodong.

“Tentu tidak hanya dari Baharkam, kami menggandeng Kadin, OJK, BKPM, Bappebti sehingga kita akan memberikan kepada masyarakat jangan, perusahaan investasi bohong,” beber Arief.

Komjen Arief membeberkan, modus yang kerap ditemui, yaitu pertama meyakinkan korban dan mengiming-imingi korban dengan provit atau keuntungan besar dalam berinvestasi.

Dia pun menegaskan, lingkaran investasi bodong harus diantisipasi sejak dini. Kemudian, kedua menggunakan modus MLM, skema ponzi yang semuanya permainan uang.

“Bahwa itu sebenarnya uang-uang dari investor saja yang diputar, dan ketika sudah cukup banyak dibawa kabur,” tandas Arief.***