Kemenag Parimo Distribusi 78 Perlengkapan CJH

PARIMO, theopini.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mendistribusikan perlengkapan 78 Calon Jamaah Haji (CJH) 2022.

“Perlengkapannya berupa koper. Pendistribusiannya dilakukan sejak kemarin, dimulai dari wilayah utara Parimo. Untuk Kecamatan Kasimbar sampai Sausu, mereka mengambil dipusat pelayanan haji Kemenag Parimo,” ungkap Kasi Haji dan Umroh, Sudirman Tjora, ditemui di Parigi, Kamis, 2 Juni 2022.

Baca Juga : 82 CJH di Parimo Akan Diberangkatkan Tahun Ini

Dia mengatakan, setelah berada ditangan seluruh CJH, perlengkapan tersebut harus dikembalikan lagi ke petugas haji, pada 16-17 Juni. Sehingga, seluruh perlengkapan CJH akan dibenahi, dengan melakukan pengecekan hingga memberikan tanda pada koper.

Saat ini, Kemenag tengah menunggu penetapan sesuai rombongan keberangkatan oleh provinsi. Setelah itu, barulah petugas akan mencantumkan di perlengkapan CJH berdasarkan regu, dan rombongannya.

“Kami akan menyesuaikan dengan penentuan pihak provinsi, sebab mereka yang mengatur keberangkatan CJH,” jelasnya.

Sudarmin menjelaskan, penetapan kuota oleh pemerintah Arab Saudi telah dibagikan keseluruhan negera.

Indonesia mendapat kuota sbanyak 151 ribu CJH, kemudian dibagi ke 34 provinsi. Sehingga, Sulawesi Tengah, mendapat jatah 903 orang, dan khusus Kabupaten Parimo mendapat kuota 82 orang.

Tercatat CJH yang pasti berangkat haji di 2022 sebanyak 78 orang, jumlah tersebut mengalami kekurangan diakibatkan, adanya mutasi, tunda, sakit serta menunggu mahram.

“Untuk CJH reguler sebanyak 77 orang ditambah satu orang Petugas Haji Daerah (PHD), sehingga menjadi 78 orang,” ungkapnya.

Baca Juga : Daftar CJH Sulteng Menumpuk Akibat Penundaan Pemberangkatan Haji

Seluruh CJH asal Kabupaten Parimo kata dia, telah menjalani vaksinasi satu, dua dan tiga serta vaksin meningitis. Sebentar lagi, akan diberangkatkan di asrama haji Kota Palu, dan akan kembali mendapatkan vaksin.

“Kami disini sudah siap, segala kelengkapan CJH  tinggal menunggu keberangkatan,” pungkasnya.