BNPT Bekali Pemahaman Pencegahan Terorisme Pada Guru

PALU, theopini.id – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tengah menggelar Training Of Trainer: Menjadi Guru Pelopor Moderasi Beragama di Sekolah, Kamis, 30 Juni 2022.

“Kegiatan Training Of Trainer ini diikuti oleh para kepala sekolah, dan guru-guru dari berbagai tingkatan mulai dari PAUD, TK/RA, SD/MI, SMA/SMK, sampai dengan Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA),” ungkap Ketua FKPT Sulawesi Tengah, Prof. Dr. Ir. Muh. Nur Sangadji.

Baca Juga : BNPT Bersama PUPR Resmikan Rusun Ponpes Walisongo di Poso

Menurutnya, kegiatan yang mengusung tema “Moderasi Beragama Sebagai Strategi Pencegahan Terorisme” itu diikuti kurang lebih 100 peserta.

Dia menyampaikan, sikap dan beragama memiliki pengaruh kuat terhadap kehidupan bermasyarakat. Olehnya, kesatuan bangsa membutuhkan pola, sikap dan tindakan dalam beragama yang toleran atas dasar penghargaan dan penghormatan terhadap perbedaan agama.

Pada kesempatan yang sama, Sub Koordinator Perlindungan Kepentingan Nasional di Luar Negeri BNPT RI, Nanda Fajar Aditya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam upaya untuk membekali pemahaman pencegahan terorisme kepada para guru.

Hal itu dilakukan, melalui penguatan moderasi agama di Sekolah serta menggerakkan para guru, agar membuat bahan ajar video pembelajaran tentang moderisasi beragama.

“Terorisme adalah ancaman nyata bagi kedamaian di Indonesia yang kita cintai,” kata dia.

BNPT sebagai lembaga negara yang mendapatkan mandate, melaksanakan penanggulangan terorisme untuk mengkoordinasikan kepada seluruh kementrian, dan lembaga, terus berupaya menekan kejahatan terorisme.

“Kegiatan yang kita lakukan saat ini, adalah salah satu bentuk penanggulangan terorisme secara lunak, dengan melibatkan berbagai komponen bangsa melalui partisipasi aktif stakeholder Pendidikan,” tambanya.

Sehingga, dibutuhkan sinergitas antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, termasuk para tenaga pendidik, baik kepala sekolah terlebih lagi para guru yang langsung berhadapan dengan peserta didik di kelas.

Baca Juga : Penanggulangan Kejahatan Terorisme, BNPT Usung Konsep Pentahelix

Dia berharap agar para guru dapat berpartisipasi aktif untuk mengembangkan strategi pembelajaran dengan memasukan nilai-nilai moderasi beragama.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan lomba pembuatan bahan ajar video pendek sosiodrama moderasi beragama, bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako.

banner 1280x250