banner 1280x250

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Sulteng

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Sulteng
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla melantik dewan kehormatan dan pengurus PMI Sulawesi Tengah, di Palu, Kamis, 24 November 2022. (Foto : Istimewa)

PALU, theopini.id – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), H. Muhammad Jusuf Kalla melantik dewan kehormatan dan pengurus PMI Sulawesi Tengah, masa bakti 2022-2027, di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur, Kamis, 24 November 2022.

Menurut Ketua Umum PMI, H. Muhammad Jusuf Kalla, saat ini banyak lembaga atau organisasi kemanusiaan yang hanya bergerak diawal saja.

Tetapi, PMI hadir ditengah-tengah masyarakat bersama pemerintah, bergerak hingga tuntas, mulai dari tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Baca Juga : PMI Parimo Akan Gelar Kegiatan Penggalangan Dana

“Selamat kepada pengurus PMI Provinsi Sulteng dan Ketua Dewan Kehormatan PMI yang baru saja dilantik,” kata Jusuf Kalla dalam sambutannya.

Menurutnya, bencana gempa bumi, tsunami dan liquifaksi yang melanda Sulawesi Tengah pada 2018, merupakan bencana luar biasa, dan layak mendapatkan bantuan.

Kerja sama yang baik, antara pemerintah, masyarakat maupun organisasi kemanusiaan termasuk PMI, dibutuhkan untuk memaksimalkan penanganan kebencanaan.

Dia menambahkan, PMI sebagai organisasi terbesar di Indonesia, dan bahkan dunia memiliki tugas untuk melatih masyarakat dalam kesiap-siagaan kebencanaan.

“Saya harap, dengan pelantikan pengurus baru ini dapat memaksimalkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab PMI,” kata dia.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Sulawesi Tengah, Dr Rudy Dewanto, SE., MM mengatakan, PMI adalah organisasi perhimpunan Nasional terbesar di Indonesia bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, dan eksistensinya semakin diperkuat melalui Undang-Undang Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

Selain itu, PMI memiliki tugas pemerintahan dalam membantu penyelenggaraan kepalangmerahan, dengan selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar gerakan Internasional palang merah dan bulan sabit merah, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesemestaan dan kesatuan.

Dia mengaku, PMI banyak membantu pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam memberikan bantuan ke masyarakat terdampak bencana alam di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 yang melanda daerah Palu, Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong.

Baca Juga : Target 2000 Kantong, PMI Makassar Bukan Gerai Donor Darah di Masjid

“Saya mengapresiasi atas pelantikan dewan kehormatan dan pengurus PMI Provinsi Sulawesi Tengah masa Bakti 2022-2027,” tambah Rudy saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah.

Dia berharap, pengurusan yang baru dapat segera menyusun program kerja yang relevan dengan visi misi ‘Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju’.

Sumber : Humas Pemprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: