banner 1280x250
Daerah  

Pemda Sigi Ikuti Webinar Bincang STRANAS PK Bersama KPK

Pemda Sigi Ikuti Webinar Bincang STRANAS PK Bersama KPK
Pj Sekda Sigi, Drs. Nuim Hayat, MM, mengikuti webinar tersebut, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Iskandar Nongtji, dan Asisten Bidang Administrasi Umum yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Selvy, di ruang rapat Bupati Sigi. (Foto : Istimewa)

SIGI, theopini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Sigi, Sulawesi Tengah, diwakili Pj Sekretaris Daerah, Drs. Nuim Hayat, MM, mengikuti webinar bincang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS PK), yang dilaksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kamis, 24 November 2022.

Sekda mengikuti webinar tersebut, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Iskandar Nongtji, dan Asisten Bidang Administrasi Umum yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Selvy, di ruang rapat Bupati Sigi.

Baca Juga : 2021, KPK Terima 2.029 Laporan Gratifikasi Penyelenggara Negara

Menurut Koordinator STRANAS PK, Pahala Nainggolan, pihaknya hadir melalui webinar tersebut karena berkewajiban memberikan pertanggungjawaban, tentang salah satu rencana aksi STRANAS PK, berjudul integrasi perencanaan dan keuangan.

“Salah satu komponen penting dari integrasi ini, adalah perencanaan dan keuangan dari Pemda. Kami berharap informasi yang disampaikan bisa menjadi pedoman dalam pelaksanaan penatausahaan keuangan daerah, dan perbaikan tata kelola keuangan daerah di masa yang akan datang, mulai dari 2023,” ujarnya.

STRANAS PK, memiliki 12 rencana aksi sesuai arahan dari Tim Nasional terdiri dari Menteri Bappenas, Menteri PAN RB, Menteri Dalam Negeri, Kepala KSP, serta Ketua KPK. Menurutnya, lima instansi tersebut bersepakat untuk menyusun rencana aksi integrasi perencanaan keuangan yang dilakukan oleh seluruh stakeholder, mulai dari tingkat desa hingga kementerian.

Dalam rencana aksi ini, kata dia, akan diintegrasikan keuangan desa, mulai dari perencanaan hingga penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan laporan keuangan dalam satu sistem, dan hasil-hasil pembangunan.

Baca Juga : Pemda Parimo Gelar Sosialisasi Pencegahan Korupsi Dana Desa

“Lewat integrasi ini Mari kita bersama-sama meningkatkan prosedurnya, sistemnya sebab pada saat yang sama hasilnya pun boleh menjadi bagian dari pengambilan keputusan terutama Kepala Daerah,” pungkasnya.

Sumber: Bidang Prokopim Setda Sigi

Penulis: Zunandar/***Editor: Novita Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: