banner 1280x250

Sulteng dan Gorontalo Berkolaborasi Kendalikan Inflasi Daerah

Sulteng dan Gorontalo Berkolaborasi Tangani Inflasi Daerah
Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura, dan Pj Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di Palu, Kamis, 24 November 2022. (Foto : Istimewa)

PALU, theopini.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Provinsi Gorontalo berkolaborasi melakukan pengendalian inflasi daerah, melalui kesepakatan kerja sama.

Penandatanganan dilakukan langsung Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura, dan Pj Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di Palu, Kamis, 24 November 2022.

Hubungan kerja sama tersebut, dilakukan untuk mewujudkan kestabilan harga barang dan jasa pada masing-masing daerah, sebagai upaya pengendalian inflasi daerah terhadap komoditas strategis penyumbang inflasi, yakni menjaga ketersediaan pasokan, menjamin keterjangkauan harga, menjaga kelancaran distribusi, dan membangun komunikasi efektif.

Baca Juga : Gubernur Sulteng Teken Kontrak Kerja Sama dengan KADIN

Adapun bentuk kerja sama yang disepakati dalam upaya pengendalian inflasi daerah tersebut, antara lain:

1. Kerjasama perdagangan, pertanian, perikanan, peternakan, perhubungan dan sektor lain penyumbang inflasi

2. Pertukaran data dan informasi

3. Kerja sama penelitian

4. Studi banding

5. Onboarding digitalisasi

6. Pelatihan.

Pada Kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura mengatakan, Sulawesi Tengah memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar, mulai dari sektor pertambangan, pertanian, kelautan dan perikanan.

“Olehnya mari kita kelola bersama dengan semangat untuk memajukan Pulau Sulawesi,” kata dia.

Saat ini, Sulawesi tengah sedang mempersiapkan diri sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Bahkan, sebagai penyangga pangan nasional dengan pengembangan 178.000 Ha lahan untuk tanaman jagung, dan pengembangan industri perikanan halal di Banggai Laut (Balut).

“Dengan begitu besarnya SDA Sulawesi Tengah, tapi belum didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,’ kata dia.

Baca Juga : Kendalikan Inflasi, Kepala Daerah Diminta Optimalkan APBD

Ke depan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan mengirim Aparat Sipil Negara (ASN) provinsi dan kabupaten/kota magang ke Negara Korea, agar meniru etos kerja dan meningkatkan kualitasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang sudah dibangun ini, semoga terus ditingkatkan untuk mempercepat capaian pertumbuhan pembangunan di Pulau Sulawesi,” pungkasnya.

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: