Example 1280x250

Imran Aimang Duduki Kursi DPRD, Pengganti Sugeng Salilama

Imran Aimang Duduki Kursi DPRD, Pengganti Sugeng Salilama
Pengambilan sumpah dan janji pengangkatan Imran Aimang sebagai anggota DPRD oleh Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto, Selasa, 3 Desember 2022. (Foto : Istimewa)

PARIMO, theopini.idCalon legislatif, Imran Aimang SPd, kader PDI Perjuangan yang memiliki perolehan suara kedua terbanyak di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, akhirnya dilantik menduduki kursi DPRD Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Selasa, 3 Januari 2023.

Imran dilantik dalam sidang paripuran istimewa, mengantikan Sugeng Salilama anggota DPRD sebelumnya karena harus menjalani proses hukum yang menjeratnya.

Baca Juga : H Erwin H Nadir Bermula Surat Teguran Berujung PAW

 “Adapun mekanisme atau jalan untuk menduduki jabatan legislatif, yakni anggota DPRD, dapat terpilih setelah diajukan calon Partai Politik (Parpol), yang mengusungnya. Kemudian, mengikuti pemilihan secara langsung,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Parimo, Sayutin Budianto, saat memimpin sidang paripurna, di Parigi, Selasa.

Dia mengatakan, anggota DPRD juga dapat terpilih melalui Pergantian Antar Waktu (PAW), apabila wakil terpilih meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan atas usul Parpol.

Kemudian, digantikan oleh calon anggota DPRD Kabupaten Parimo dengan perolehan suara terbanyak urutan berikutnya, dalam daftar peringkat perolehan suara dari Parpol dan pada daerah pemilihan yang sama.

“Oleh karena itu, rapat paripurna hari ini, merupakan proses politik, yang harus dilalui dalam rangka regenerasi, pematangan kader Parpol. Disamping itu, untuk kesinambungan tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah, Rudi Dewanto menyampaikan apresiasinya kepada Imran Aimang yang telah menjadi bagian dari anggota DPRD Kabupaten Parimo.

Baca Juga : Kader PBB Pengganti Wawan Setiawan Terdaftar di Partai NasDem

Menurutnya, pelantikan merupakan gerbang awal sebagai anggota DPRD Kabupaten Parimo, untuk melaksanakan tugas-tugas seorang wakil rakyat.

 “Untuk itu, saya berharap anggota DPRD yang baru dilantik, dapat melaksanakan mandat dan amanah dengan sebaik-baiknya,” pungkas Rudi saat mewakili Gubernur Sulawesi Tengah.

error: Content is protected !!