Cegah Pelanggaran, BPSDM Sulteng Gelar Pelatihan PPTK

PALU, theopini.id Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Pelatihan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Senin, 13 Maret 2023.

“Pelatihan ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknis. Sehingga tercipta persamaan persepsi, pola pikir dan tindak dalam melaksanakan,” ungkap Kepala Bidang Pengembangan Kopetensi Teknis, Mohammad Riyan, dalam sambutannya.

Baca Juga: Pemprov Sulteng Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah

Menurutnya, pelatihan dilaksanakan selama lima hari, mulai 13-17 Maret 2023, dengan metode klasikal atau tatap muka.

Jumlah peserta pelatihan, kata dia, sebanyak 40 orang berasal dari tenaga pengajar dari BPKAD, Kantor Perwakilan BPKP, Biro Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa, dan Widya Iswara BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Farid R Yotolembah mengatakan, PPTK memiliki peranan penting dalam penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Maka perlu memiliki kompetensi keilmuan, yang sesuai peraturan perundang-undangan. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari.

“Saat ini, masih banyak ditemukan persoalan hukum yang menjerat para Bendaharawan, PPTK, dan PPK dalam OPD,” ungkap Farid R Yotolembah, saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Sekda Parimo Minta Pelatihan Pengemudi Mobil Dinas Digelar Rutin

Dia berharap, melalui kegiatan pelatihan ini, para PPTK dapat terhindari dari kasus hukum serta temuan dari pemeriksaan BPK, dan audit Inspektorat karena diakibatkan kesalahan serta ketidakpahaman dalam mempertanggung jawabkan kegiatan.

“Serta tersedianya standar yang baku dan tepat bagi para PPTK dalam melaksanakan dan mempertanggungjawabkan kegiatan,” pungkasnya.

Sumber: Humas Pemprov Sulawesi Tengah

Komentar ditutup.