Tekan Inflasi Daerah, Pemda Parimo Akan Salurkan CBP

PARIMO, theopini.id Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah akan menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 1.234,2 Ton.

“Penyaluran CBP dibagi tiga tahap, selama tiga bulan berturut-turut, dimulai bulan ini,” kata Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, pada Dinas Ketahanan Pangan Parimo, Rahmatia, di Parigi, Selesa, 19 September 2023.

Baca Juga: Bulog Salurkan 14.230 Ton CBP ke Warga Parigi

Dia mengatakan, kuota beras setiap tahapan penyaluran sebanyak 411,4 ton, dan akan diberikan ke 41,140 Kelompok Penerima Manfaat (KPM), yang tersebar di 23 kecamatan.

Ia mengaku, pemerintah pusat sebenarnya telah memerintahkan seluruh daerah menyalurkan CBP ke KPM, termasuk Kabupaten Parimo, untuk menekan angka inflasi daerah.

“Tapi, kami harus melakukan persiapan dulu. Seperti rapat teknis penyaluran, yang akan kami laksanakan bersama BULOG dan pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Soal angka inflasi Kabupaten Parimo, menurutnya, masih terbilang stabil. Hanya saja, ada kenaikan harga pada komoditas beras beberapa bulan belakangan ini.

Sehingga, pemerintah pusat menengeluarkan instruksi penyaluran CBP, dan daerah diperintahkan untuk segera berkoordinasi dengan BULOG.

Baca Juga: CBP untuk 17 Kecamatan di Parimo Tuntas Disalurkan, Sisanya 123,9 Ton

“Bantuan pangan ini, diambil dari cadangan pangan pemerintah pusat di BULOG,” katanya.

Dia berharap, masyarakat Kabupaten Parimo akan terbantu, dengan program bantuan pangan pemerintah tersebut.

banner 1280x250

Komentar